Jarang Terekspos, Simak Kiprah Adam Mosseri yang Sukses Jadi Bos Instagram
Gaya Hidup

Jarang Terekspos, Simak Kiprah Adam Mosseri yang Sukses Jadi Bos Instagram

  • Adam Mosseri adalah Head of Instagram yang mengawasi berbagai fungsi aplikasi, di mana hal itu termasuk soal teknik, produk, dan operasi. Simak perjalanan kariernya di dunia teknologi.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Instagram adalah salah satu media sosial yang populer saat ini. Aplikasi tersebut memudahkan penggunanya untuk saling terhubung dan dan berbagi informasi dengan pengguna lainnya. 

Seperti yang Anda ketahui, saat ini Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang dinaungi oleh induk perusahaan yaitu Meta. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pada umumnya orang-orang mengetahui bahwa sosok bos dari Instagram adalah Mark Zuckerberg, di mana Mark Zuckerberg adalah CEO dari Meta.

Akan tetapi, sebetulnya Instagram memiliki ‘bos’ tersendiri, yaitu Adam Mosseri. Seperti yang dikutip Trenasia.com dari laman resmi Meta, Adam Mosseri adalah Head of Instagram yang mengawasi berbagai fungsi aplikasi, di mana hal itu termasuk soal teknik, produk, dan operasi.

Karier Adam Mosseri

Adam Mosseri sendiri telah bekerja di Meta yang sebelumnya bernama Facebook selama lebih dari 11 tahun. Ia menjabat sebagai Design Director untuk aplikasi seluler kemudian pindah ke bagian manajemen produk di mana ia memimpin tim produk dan teknis dari News Feed selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2018, Adam Mosseri ditunjuk sebagai bos dari Instagram untuk menggantikan Kevin Systrom dan Mike Krieger yang mengundurkan diri dari Instagram. Kevin Systrom dan Mike keduanya adalah pendiri dari Instagram. 

Adam Mosseri ditunjuk sebagai bos dari Instagram untuk menggantikan Kevin Systrom dan Mike Krieger yang mengundurkan diri dari Instagram.

Seperti yang dilansir Trenasia.com dari TechCrunch pada Selasa, 22 Agustus 2023 Adam Mosseri lahir dan tumbuh besar di New York, dan memulai jasa konsultasi desainnya sendiri saat ia bersekolah di Gallatin School of Interdisciplinary Study di New York University. Ketika berkuliah di NYU, ia belajar tentang desain media dan informasi.

Adam Mosseri bergabung dengan Facebook pada tahun 2008 setelah sebelumnya sempat bekerja di sebuah startup bernama TokBox selama satu tahun menjadi Product Designer dan UI Engineer. Ketika bekerja di Facebook, ia sempat berpindah-pindah posisi, mulai dari Product Designer, Product Design Manager, Design Director for Mobile, PM Director, VP dan Product Management, hingga akhirnya pada tahun 2018 sampai sekarang menjadi Head of Product di Instagram.

Ketika bertugas menangani News Feed Facebook, Adam Mosseri berhasil mengubahnya menjadi teknologi sosial yang paling populer di dunia dan menghasilkan miliaran keuntungan dari iklan. Akan tetapi, di tengah kesuksesannya, Adam Mosseri juga mengawasi Facebook Home, sistem operasi seluler yang gagal, serta menjadi petugas yang menangani berita palsu.

Seperti yang dilansir TrenAsia.com dari Sky News, momen terbesar Adam Mosseri di Instagram tampaknya adalah ketika peluncuran Threads. Threads adalah aplikasi sendiri dan tidak seperti fitur ‘peniru’ sebelumnya seperti Story atau Stories yang mirip dengan fitur dari Snapchat dan Reels yang mirip dengan video pendek dari TikTok.

Karena dibangun dari Instagram, maka Threads terbantu dengan cepat mengumpulkan basis pengguna yang besar, mulai dari aktor, atlet, selebriti, dan sebagainya. Akan tetapi, Adam Mosseri tetap terbuka di mana aplikasi tersebut masih memerlukan perbaikan di masa awalnya, seperti kurang dapat diandalkan untuk mencari topik dan istilah tertentu hingga tidak ada opsi untuk menyesuaikan timeline hanya untuk orang yang pengguna ikuti saja.

Saat ini Adam Mosseri tinggal di San Francisco bersama istri dan ketiga putranya.