Sebelum Beli HP, Pilih Ponsel dengan Kapasitas Baterai Besar Atau Fast Charging? Ini Penjelasannya
Tekno

Jaringan 5G Bikin Baterai HP jadi Cepat Habis? Ini Cara Mengatasinya

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai ponsel yang cepat habis akibat menggunakan jaringan 5G.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apakah Anda lelah terus menerus mencari colokan listrik demi mengisi baterai ponsel Anda yang cepat habis? Anda tidak sendiri. Banyak orang yang menyalahkan 5G yang membuat baterai HP jadi cepat habis.

Tidak mengherankan, hal ini karena pada tahapan awal 5G, jaringan internet tersebut menyebabkan baterai jadi cepat habis. Hal ini karena pada tahap awal jaringan tersebut masih terbatas.

Selain itu, bisa jadi karena jaringan 5G non-standalone mengandalkan infrastruktur 4G yang sudah ada, sedangkan jaringan 5G standalone justru menghabiskan baterai lebih sedikit karena tidak bergantung pada infrastruktur 4G.

Seperti yang dilansir dari laman IndiaToday, jaringan 5G NSA memang menyediakan jaringan internet yang berkecepatan tinggi, tapi panggilan telepon dan pesan tetap ditransmisikan melalui jaringan 4G dan 3G. Hal inilah yang mungkin menyebabkan konsumsi baterai yang meningkat karena digunakan terus menerus dari dua perangkat berbeda yang terhubung ke dua jaringan terpisah.

Jadi, jika Anda juga merasa baterai jadi cepat habis setelah berganti ke jaringan 5G, jangan khawatir. Berikut cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Baterai Habis Akibat Jaringan 5G

Cara Mengatasi Baterai Habis Akibat Jaringan 5G

Jika Anda memiliki kekhawatiran bahwa jaringan 5G yang menyebabkan baterai ponsel jadi cepat habis, solusinya yaitu dengan mengganti jaringan yang Anda gunakan menjadi 4G. Hal ini bisa Anda lakukan apalagi ketika sedang bepergian atau ingin menghemat baterai HP. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, buka aplikasi Settings. Dari menu tersebut pilih opsi Connections lalu tap Mobile Networks.

Di menu Mobile Networks pilih Network Mode. Anda akan melihat daftar mode jaringan yang berbeda, pilih ‘LTE/3G/2G (auto connect)’.

Jika Anda menggunakan iPhone, Anda tinggal membuka aplikasi ‘Settings’. Lalu, pada menu pengaturan pilih ‘Cellular’, kemudian tap ‘Cellular Data Option’. Tap pada opsi ‘Voice & Data’. Dari daftar opsi tersebut pilih ‘LTE’ untuk menonaktifkan 5G sepenuhnya.

Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk memilih 5G Auto sehingga iPhone bisa langsung menonaktifkan 5G secara otomatis ketika tidak diperlukan untuk menghemat masa pakai baterai. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai ponsel yang cepat habis akibat menggunakan jaringan 5G.