Nasional

Jasa Marga Gandeng Omega Hotel Bangun Fasilitas Inap di Rest Area Tol Trans Jawa

  • Jasa Marga dan Omega Hotel akan mengembangkan fasilitas inap di rest area.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk  melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business (JMRB) menggandeng Omega Hotel Management (OHM) sebagai bagian dari Alfaland Group untuk mengembangkan fasilitas inap di rest area.

Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan kerja sama pengembangan rest area ini didasari oleh terbitnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 28 Tahun 2021 tentang tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di jalan tol.

“Berdasarkan Permen PUPR, kualitas pelayanan bagi pengguna bisa ditingkatkan dan rest area jadi tempat yang bisa dikembangkan dengan menambah fasilitas penunjang  seperti sentra bisnis hingga fasilitas inap,” jelas Cahyo dalam keterangan resmi, Rabu, 12 Januari 2022.

Cahyo menambahkan, pengembangan fasilitas inap di rest area masih dikaji lebih lanjut oleh PT JMRB dan OMH dengan identifikasi awal untuk ruas tol yang cocok dengan fasilitas inap di jaringan jalan Tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa dipilih karena kondisi jalan tol yang panjang dan ramai. Kemudian, 85% rest area di jalan tol tersebut dikelola oleh PT JMRB, sehingga potensi pembangunan rawat inap di Tol Trans Jawa lebih terbuka.

Namun, tidak tertutup kemungkinan bila nanti dibutuhkan fasilitas inap di rest area tol luar jawa yang dikelola PT JMRB.

Adapun target yang dimiliki PT JMRB diperuntukkan bagi pengguna jalan dengan perjalanan jarak jauh. Demi kenyamanan dan keamanan selama di perjalanan, nantinya para pengguna jalan tol bisa lebih mudah menemukan penginapan tanpa harus keluar dari jalan tol terlebih dahulu dengan pengembangan rest area ini.

Kerja sama antara PT JMRB dan OMH untuk pembangunan fasilitas inap tertuang dalam nota kesepahaman yang ditanda tangani pada Senin lalu.