Petugas gabungan mengarahkan kendaraan saat uji coba penerapan sistem ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 3 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Jasa Marga Terapkan Buka Tutup Rest Area Tol Arah Jakarta Selama Arus Balik

  • Jasa Marga lewat anak usahanya menerapkan buka tutup rest area di tol menuju Jakarta selama arus balik Lebaran 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), PT Jasamarga Related Business (JMRB) bersama Diskresi Kepolisian kembali menerapkan buka tutup rest area di tol menuju Jakarta selama arus balik Lebaran 2022.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas mengatakan pemberlakuan sistem buka tutup dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area terutama saat sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol. Selain itu, permberlakuan ini juga untuk mendukung efektivitas rekayasa lalu lintas one way di ruas tol. 

"Rest area yang menerapkan sistem buka tutup yang memiliki potensi menimbulkan titik-titik kepadatan di jalan tol arah Jakarta," kata Meta Herlina dalam keterangan resmi, Jumat, 6 Mei 2022.

Meta menambahkan, JMRB juga menerapkan skema rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area karena arus kendaraan di rest area akan berubah saat diberlakukannya sistem one way di jalan tol.

Untuk antisipasi hal tersebut, pihaknya telah menambah penyediaan sarana perambuan, rubber cone, water barrier, dan menambah personel keamanan dan pengatur lalu lintas di rest area. 

Ia juga mengimbau pengguna jalan untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area sesuai dengan kebutuhan agar bergantian dengan pengguna jalan lainnya. Serta memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik agar memaksimalkan waktu istirahat di rest area.