The Bombay Hook National Wildlife Refuge
Dunia

Jejak Sejarah dan Kearifan dari Delaware yang Mempesona

  • Delaware adalah negara bagian pertama yang meratifikasi atau menandatangani Konstitusi Amerika Serikat. Oleh karena itu, julukannya adalah Negara Bagian Pertama.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Delaware adalah negara bagian pertama yang meratifikasi atau menandatangani Konstitusi Amerika Serikat. Oleh karena itu, julukannya adalah Negara Bagian Pertama.

Pemberian nama negara bagian tersebut ternyata terinspirasi dari Gubernur Virginia, Lord De La Warr. Pada tahun 1610, penjelajah Samuel Argall memberi nama teluk dan sungai tersebut dengan nama gubernur tersebut.

Sejarah

Dilansir dari National Geographic Kids, pada Rabu, 16 Agustus 2023, sekitar 11.500 tahun yang lalu, orang-orang tinggal di daerah yang sekarang disebut Delaware. Mereka diyakini berasal dari Asia melalui jembatan darat yang sekarang berada di bawah air. 

Ribuan tahun kemudian, suku asli Amerika seperti Lenni Lenape dan Nanticoke tinggal di wilayah tersebut.

Para sejarawan berpikir bahwa penjelajah Eropa pertama yang tiba di sana adalah Henry Hudson, seorang penjelajah Inggris, yang mencapai teluk dan sungai di wilayah tersebut pada tahun 1609. Selama tahun 1600-an, penjajah Belanda, Inggris, dan Swedia menetap di wilayah tersebut.

Para pemukim Eropa ini berperang untuk menguasai tanah tersebut, dan pada tahun 1674, Inggris secara resmi mendapatkan kembali kendali atas wilayah tersebut. Namun, pada tahun 1776, Delaware menyatakan kemerdekaannya dari Inggris, salah satu tindakan yang akan mengakibatkan Perang Revolusi. 

Setelah AS memenangkan perang tersebut, Delaware menjadi negara bagian AS pada tahun 1787. Ketika Perang Saudara dimulai pada tahun 1861, Delaware adalah negara bagian yang melegalkan perbudaka. Namun, sebagian besar pasukannya berjuang untuk Union, kelompok negara bagian utara yang berjuang mendukung penyatuan negara.

Para pendukung Union juga umumnya ingin menghapus perbudakan, sementara negara bagian di selatan ingin mempertahankan praktik tersebut. Pada tahun 1865, Amandemen Ketigabelas Konstitusi AS menyatakan semua budak di Amerika Serikat, termasuk di Delaware, sebagai orang merdeka/bebas.

Geografi dan Bentang Alam

Delaware terletak di semenanjung pantai timur yang disebut Delmarva. Berbatasan dengan Pennsylvania di bagian utara, Sungai Delaware, Teluk Delaware, New Jersey, dan Samudra Atlantik di bagian timur, serta Maryland di bagian selatan dan barat.

Negara bagian ini umumnya mengarah ke bawah dari wilayah Piedmont yang berbukit, yang meliputi bagian utara negara bagian ini. Sisa wilayah Delaware ditutupi oleh Daerah Pantai Atlantik yang rendah, mencakup tiga hutan negara yaitu Blackbird, Taber, dan Redden. 

Terdapat pantai berpasir di sepanjang garis pantai timur, dan di perbatasan selatan negara bagian ini, dataran rendah ini berubah menjadi rawa-rawa.

Satwa Liar

Berang-Berang Amerika (kids.nationalgeographic.com/KWIKTOR, DREAMSTIME)

Rubah abu-abu, berang-berang Amerika, rusa ekor putih, dan berang-berang sungai termasuk mamalia di Delaware. Pengamat burung bisa melihat elang botak, alap-alap peregine, burung biru timur, dan burung pelatuk berbulu halus.

Amfibi di negara bagian ini termasuk katak pohon yang menggonggong, katak chorus, dan salamander harimau. Reptil seperti penyu air tawar yang menggetarkan dan ular hognose timur juga dapat ditemukan di sini.

Pohon yang umum termasuk maple, birch, oak, pinus loblolly, dan holly Amerika (pohon negara bagian). Bunga liar tumbuh di seluruh negara bagian, termasuk sweet goldenrod (ramuan negara bagian), buttercup bulat, American tiger lily, dan sulphur cinquefoil (bunga dengan lima kelopak berbentuk hati).

Sumber Daya Alam

Salah satu sumber daya alam yang terpenting di negara bagian ini adalah tanah yang kaya mineral. Tanah ini sangat cocok untuk pertanian. Kedelai, jagung, kentang, dan kacang polong adalah beberapa tanaman unggulan di Delaware. Delaware juga melakukan penambangan magnesium, pasir, dan kerikil.

Fakta Menarik

Presiden AS, Joe Biden (Reuters.com/Elizabeth Frantz)

1. Presiden Joe Biden adalah salah satu tokoh terkenal dari Delaware, begitu pula dengan Howard Pyle, penulis novel The Merry Adventures of Robin Hood.

2. Rawa asin pasang surut di Bombay Hook National Wildlife Refuge menjadi tuan rumah burung-burung migrasi termasuk burung camar pasir, plovers, bebek hitam Amerika, dan burung pipit rawa asin.

3. Penggemar menyaksikan balapan NASCAR di Dover International Speedway, yang dijuluki Monster Mile. Patung monster setinggi 46 kaki memegang mobil berukuran penuh di tangannya di depan lintasan.

4. Museum Johnson Victrola menampilkan mesin-mesin pembuat musik awal seperti gramofon, fonograf dengan corong berbentuk bunga, dan beberapa pemutar rekaman pertama, yang disebut Victrolas.