Zulhas di Kantor Kementerian Perdagangan.jpeg
Nasional

Jelang 12.12, Mendag Zulhas Targetkan Transaksi Harbolnas 2022 Capai Rp27 Triliun

  • Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menargetkan, nilai transaksi Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2022 sebesar Rp27 triliun atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang menyentuh angka Rp8,1 triliun.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menargetkan, nilai transaksi Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2022 sebesar Rp27 triliun atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang menyentuh angka Rp8,1 triliun.

Zulhas mengatakan, pada peringatan Harbolnas yang akan dilaksanakan mulai 10 Desember hingga 12 Desember 2022 ini, mencatatkan sebanyak 108 e-commerce berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

"Ya kalau naik 50 persen pada 2022 harusnya bisa Rp27 triliun," kata Zulhas di Kantor Kementerian Perdagangan, Kamis 8 Desember 2022.

Pada Harbolas, Kementerian Perdagangan menargetkan peningkatan penjualan produk lokal di kisaran Rp12 triliun hingga Rp13 triliun. Itu meningkat dibandingkan 2021 yang sebesar Rp8,5 triliun.

Zulhas menyebutkan, saat ini produk di dalam negeri lebih di dominasi oleh produk lokal di bandingkan dengan impor. Maka dari itu pemerintah terus menggenjot produk lokal agar semakin digemarin dan bisa menjadi daya tarik menyokong ekonomi Indonesia.

Ada sebanyak 70% pedagang yang akan berpartisipasi dan berasal dari pedagang lokal. Pada acara peluncuran Harbolnas tersebut, para pedagang online dari berbagai lini bisnis, mulai dari makanan, minuman, hingga busana. Zulhas memastikan partisipasi tidak hanya usaha besar saja, namun juga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Kami juga imbau kalau belanja yang lokal saja. Kan sama saja, sepatu yang lokal juga bagus, baju muslim, kerudung bagus juga, kecuali kita nggak bisa," tandasnya.