Konferensi Pers oleh KPU saat jelang debat perdana Capres-Cawapres, Senin 11 Desember 2023.
Nasional

Jelang Debat Keempat Pilpres, KPU Rilis 11 Panelis dan Moderator

  • Debat keempat ditujukan untuk Cawapres dengan mengambil tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk yang keempat pada Minggu, 21 Januari 2024. Debat keempat ditujukan untuk Cawapres dengan mengambil tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Rencananya debat bakal diselenggarakan KPU di Jakarta Convention Center (JCC). Terkait berjalannya debat keempat, KPU telah menunjuk sebelas orang untuk menjadi panelis. Mereka merupakan orang-orang yang berkompentensi pada bidang sebagaimana tema debat. 

Sebelas orang tersebut berasal dari kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia serta para pakar di bidangnya.  “Kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 11 orang (jadi panelis),” kata komisioner KPU, August Mellaz dalam keterangannya, Rabu 17 Januari 2024. 

Para panelis itu nantinya akan menjalani karantina tiga hari jelang pelaksanaan debat yaitu pada 19 Januari 2024. Selama karantina mereka bakal Menyusun pertanyaan untuk ditanyakan kepada Cawapres dalam debat

Kesebelas panelis yang telah bersedia ditunjuk oleh KPU yaitu Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H selaku Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin. Kedua, Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi selaku Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor

Nama panelis ketiga yaitu Dewi Kartika selaku Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria. Keempat, Dr. Arie Sujito, SP M.Si, selaku Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM. Panelis kelima yakni Fabby Tumiwa sebagai Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presidential Services Reform.

Selanjutnya keenam terdapat nama Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, yang merupakan Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Ketujuh, Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS selaku Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Kedelapan ada nama Rukka Sombolinggi, SP, M.A selaku Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat). Kesembilan, Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, selaku Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kesepuluh, Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D selaku Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung dan terakhir Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, selaku Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015. 

Tidak hanya panelis, KPU telah menunjuk moderator yang akan memimpin jalannya debat selama 120 menit. Berbeda dari tiga debat sebelumnya dimana moderator berpasangan antara pria dan wanita, KPU dalam debat keempat ini menunjuk dua orang perempuan. Mereka yaitu Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

Seperti sebelumnya, Debat capres-cawapres Pilpres 2024 akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio. Pada debat keempat, stasiun televisi yang akan menyiarkan yaitu SCTV, Indosiar, dan MetroTV. Selain itu, debat juga akan disiarkan melalui saluran Youtube resmi KPU.