Jelang Hari Suci Kuningan, BI Bali Bantu 2 Ribu Paket Bahan Pokok
Nasional

Jelang Hari Suci Kuningan, BI Bali Bantu 2 Ribu Paket Bahan Pokok

  • Menjelang Hari Suci Kuningan pada 12 Agustus 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali salurkan 2 ribu paket bahan pokok untuk berbagai komunitas dan kelompok masyarakat di Kota Denpasar.

Nasional

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Menjelang Hari Suci Kuningan pada 12 Agustus 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali salurkan 2 ribu paket bahan pokok untuk berbagai komunitas dan kelompok masyarakat di Kota Denpasar. 

Dikutip dari Antara, kepala KPwBI Provinsi Bali, R Erwin Soeriadmadja menyebut langkah ini dilakukan sebagai bentuk dedikasi Bank Indonesia untuk negeri. 

“Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) ini merupakan bentuk dedikasi BI untuk negeri,” katanya.

Menurut Erwin, dengan adanya bantuan tersebut juga diharapkan dapat stabilitas harga bahan pokok tetap terjaga. 

“Bantuan tersebut selain untuk menjaga inflasi, kami harapkan dapat memberikan kemanfaatan pada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari jelang Hari Raya Kuningan,” ucapnya. 

Dengan ini, Erwin berharap masyarakat dapat merayakan Hari Kuningan dengan penuh keberkahan. 

Pertumbuhan Ekonomi Bali 

Dalam kesempatan yang sama, Erwin menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan II tahun 2023 tercatat sebesar 5,60% dan berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17%. 

Meski begitu, Erwin menyebut Bali masih menghadapi tantangan yaitu pertumbuhan yang belum merata di seluruh lapisan masyarakat. 

“Meskipun ekonomi terus bertumbuh dan menunjukkan pemulihan, Bali masih menghadapi tantangan karena pertumbuhan belum cukup merata dirasakan berbagai lapisan masyarakat,” paparnya. 

Lebih lanjut, Erwin berpendapat bahwa seringkali masyarakat masih dihadapkan pada persoalan kebutuhan sehari-hari. 

“Melalui bantuan PSBI berupa paket bahan pokok ini diharapkan bisa turut meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya. 

Hari Raya Kuningan

Hari Raya Kuningan adalah salah satu perayaan penting dalam kalender agama Hindu di Indonesia. Hari Raya Kuningan masih menjadi bagian dari serangkaian perayaan Hindu “Galungan” yang berlangsung selama 10 hari. 

Kebutuhan bahan pokok kerap melonjak saat perayaan dua hari raya ini. Banyaknya bahan makanan yang dibutuhkan berkaitan dengan tradisi dan ritual yang dilakukan untuk menghormati para leluhur, dewa-dewi, dan roh-roh suci. 

Tak hanya itu, masyarakat Bali juga kerap mengadakan pesta dan makan bersama keluarga kerabat saat perayaan hari besar ini.