Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah) mendampingi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kiri) dan Zainudin Amali dalam inspeksi di Stadion Manahan, Solo, 12 Maret 2023.
Olahraga

Jelang Inspeksi FIFA, Gibran Pastikan Rumput Stadion Manahan Solo Aman Gelar Piala Dunia U-17

  • Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan, pada 26 Agustus 2023 mendatang, Stadion Manahan kembali disambangi tim inspeksi FIFA terkait kesiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

Olahraga

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mulai melakukan pemotongan dan perawatan rumput Stadion Manahan jelang kunjungan tim Inspeksi FIFA terkait kesiapan penyelengaraan Piala Dunia U-17.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan, pada 26 Agustus 2023 mendatang, Stadion Manahan kembali disambangi tim inspeksi FIFA terkait kesiapan penyelenggaraan event akbar tersebut.

"FIFA akan kembali melakukan peninjauan di Kota Solo pada 26 Agustus berkaitan dengan kesiapan Stadion Manahan sebagai arena Piala Dunia U-17,"  ungkap Gibran dikutip dari Antara, Rabu 23 Agustus 2023.

Putra sulung Presiden Jokowi itu pun menjelaskan jika pihaknya telah melakukan pemotongan rumput sebelum laga Liga 1 yang mempertemukan Persis Solo Vs Bali United, Sabtu, 19 Agustus 2023.

"Sehingga, harus dipotong agar saat pemeriksaan nanti pantulan bola bagus sesuai yang diharapkan," Menurutnya, tim inspeksi FIFA disebut-sebut bakal fokus terhadap kondisi lantaran sangat krusial untuk aliran bola dengan intesitas tinggi.

Meski dipotong, Gibran memastikan kondisi rumput Stadion Manahan akan tidak rusak, malahan jika tidak dilakukan pemotongan, rumputnya akan tumbuh semakin panjang ketika tim inspeksi FIFA datang.

Selain itu, Gibran juga menjelaskan dalam waktu dekat, pihaknya juga bakal melakukan sterilisasi pada lapangan pendukung. Lapangan itu, nantinya digunakan sebagai tempat latihan bagi peserta Piala Dunia U-17.

Lebih lanjut, Gibran menegaska jika pemerintah daerah sangat berkomitmen untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17.  Oleh sebab itu, pihaknya menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan sesuai arahan PSSI.

"Kami juga akan segera menutup pedagang kaki lima (PKL) Selter Manahan. Konsepnya penutupan sementara, sama seperti saat Piala Dunia U-20 kemarin," jelasnya.

Tim Inspeksi FIFA Singgung Rumput

Sebelumnya, pada 1 Agustus 2023 lalu, tim inspeksi FIFA telah mengecek kondisi Stadion Manahan Solo dan sekitarnya. Mereka menyingung soal keadaan rumput yang menguning yang diduga kekurangan air.

Selain rumput yang menguning, tim inspeksi FIFA juga mengintrusikan untuk pembersihan tribun sebelah timur Stadion Manahan. Tak hanya kondisi stadion, mereka juga melakukan pengecekan secara detail terhadap lapangan pendukung yang diajukan untuk tempat latihan peserta Piala Dunia-17.

Meski begitu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Baskui Hadimuljono mengatakan, Stadion Manahan Solo dipastikan aman menggelar Piala Dunia U-17 dan hanya perlu perbaikan minor saja.

"Itu dulu untuk persiapan venue di Piala Dunia U-20 sudah oke. Mungkin ada perbaikan karena sudah satu tahun mungkin perlu ada yang diperbaiki. Tapi tidak perlu semua diganti menurut saya kalau Stadion Manahan," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.