<p>Tol Bali Mandara dibangun di atas laut. / Bpjt.pu.go.id </p>
Nasional

Jelang KTT G20, Bukit Asam (PTBA) Groundbreaking PLTS di Jalan Tol Bali Mandara

  • Menjelang perhelatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada bulan Oktober mendatang, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah melakukan groundbreaking pada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di jalan Tol Bali Mandara Sabtu, 5 Maret 2022.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA – Menjelang diselenggarakannya Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada bulan Oktober mendatang, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah melakukan groundbreaking pada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di jalan Tol Bali Mandara Sabtu, 5 Maret 2022.

Groundbreaking pada proyek PLTS ini merupakan salah satu wujud dari sinergi antar BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang melibatkan PTBA dengan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) sebagai pengelola Jalan Tol Bali Mandara.

Proyek ini merupakan kesempatan baik bagi pemerintah Indonesia untuk gigi ditengah perhelatan KTT G20 nanti dalam hal mengimplementasikan langkah konkret upaya mengurangi emisi karbon dunia melalui penggunaan pembangkit energi yang ramah lingkungan.

Upaya itu juga selaras dengan komitmen implementasi pada Paris Agreement yang telah diratifikasi oleh pemerintah pada 22 April 2016. Adapun persoalan mengenai transisi energi dalam hal mengurangi emisi karbon dunia juga menjadi salah satu dari tiga isu utama yang di bahas dalam perhelatan Presidensi G20 di Indonesia.

Penandatangan kesepakatan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) pada proyek itu telah dilakukan sebelumnya pada bulan Februari 2022 lalu oleh Direktur Utama Bukit Asam Arsal Ismail dan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur di Merusaka Nusa Dua, Bali.

Direktur Utama Bukit Asam Arsal menilai kerja sama ini mencerminkan implementasi strategi untuk mencapai transformasi bisnis Bukit Asam pada tahun 2026. 

"Menuju pemberhentian pertama Bukit Asam sebagai perusahaan energi pada tahun 2026, peningkatan portofolio pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan menjadi salah satu strategi bisnis yang kian gencar untuk dikembangkan," ujar Arsal dikutip Senin, 7 Maret 2022.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyebut kerja sama ini merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam hal mengawali hubungan kemitraan PTBA dan JSMR, serta selaras dengan komitmen perseroan untuk mewujudkan jalan tol berkelanjutan. 

“Tidak hanya itu, hal ini juga merepresentasikan bahwa, sebagai pemegang pangsa pasar terbesar dan pemimpin di industri jalan tol Indonesia, Jasa Marga memiliki potensi pengembangan bisnis prospektif di sepanjang koridor jalan tol Jasa Marga Group serta peluang kemitraan dan kerja sama yang produktif untuk kemajuan bersama,” tutur Subakti.

Melalui kerja sama ini, Bukit Energi Investama akan memasang 1 set PLTS dengan total kapasitas maksimum 400 kilowatt peak (kWp) untuk mendukung kegiatan usaha dan operasional Jasamarga Bali Tol.

Pemasangan PLTS ini melengkapi kesiapan Jalan Tol Bali Mandara sebagai salah satu infrastruktur di Bali yang menjadi provinsi tuan rumah Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 sehingga implementasinya diharapkan dapat terealisasi dengan baik sesuai target.