<p>Pidato Presiden Joe Biden / Sumber: Youtube Yahoo Finance</p>
Dunia

Jelang KTT NATO, Biden Bertandang ke Inggris

  • Presiden AS, Joe Biden mengunjungi Inggris pada Senin, 10 Juli 2023. Kedatangan Biden ke Sekutu dekatnya terjadi menjelang pertemuan puncak KTT NATO di Lithuania.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

LONDON - Presiden AS, Joe Biden mengunjungi Inggris pada Senin, 10 Juli 2023. Kedatangan Biden ke Sekutu dekatnya terjadi menjelang pertemuan puncak KTT NATO di Lithuania.

Mengutip Yahoonews Senin 10 Juli 2023, pada kunjungan tersebut, Biden dijadwalkan akan bertemu Raja Charles II dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Setelah Itu, Biden akan langsung bertandang ke Lithuania. Menurut Gedung Putih, kunjungan Biden ke Inggris ditujukan untuk memperkuat hubungan AS dengan Inggris.

Saat tiba di Inggris, Biden akan bertemu Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak. Pertemuan ini merupakan yang kelima kalinya dalam beberapa bulan terakhir. Sebagaimana diketahui, Sunak melakukan perjalanan ke Amerika Serikat bulan lalu untuk kunjungan dua hari di mana para pemimpin membahas Ukraina, regulasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI), dan hubungan pasca-Brexit.

Dalam kunjungan terakhir, Sunak dan Biden juga menyetujui kemitraan ekonomi baru yakni Deklarasi Atlantik. Kala itu, Biden mengatakan Amerika Serikat tidak memiliki sekutu yang lebih dekat daripada Inggris.

meski Biden menganggap Inggris sekutu dekat, pada pertemuan terakhir, Sunak pergi dengan tangan kosong karena ambisi Inggris untuk perjanjian perdagangan bebas pasca-Brexit dengan Washington.

Pandangan Sama tentang Ukraina

Sebagai catatan, Inggris dan AS adalah sekutu utama Ukraina dan invasi Rusia ke tetangganya yang pro-Barat. Bahasan ini kemungkinan akan menjadi agenda utama setelah Biden berjanji untuk memasok Kyiv dengan bom tandan yang kontroversial.

Perlu diketahui, langkah AS memasok amunisi tandan menimbulkan kekhawatiran dari kelompok hak asasi manusia. Pasalnya, adanya bahaya bom tersebut bisa berbahaya terhadap penduduk sipil sehingga menyebabkan kegelisahan di antara sekutu AS.

Biden mengatakan keputusan untuk mengirim senjata itu sangat sulit. Namun, pasukan Ukraina yang melakukan serangan balasan terhadap pasukan Rusia yang menyerang saat mereka kehabisan amunisi.

Bertemu Raja Charles Pertama Kalinya

Setelah bertemu dengan SUnak, Biden akan dijamu oleh Kastil Windsor. Kastil tersebut merupakan kediaman kerajaan Inggris yang terletak di sebelah barat London. Di sana, para petinggi akan membahas banyak hal seperti iklim, topik yang sudah lama dekat di hati Raja Charles.

Sebagaimana diketahui, Kunjungan biden ke Kerajaan menjadi yang pertama kali sejak Charles dinobatkan sebagai Raja Inggris menggatikan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II. Pasalnya saat penobatan, Biden tak hadir dan hanya diwakilkan oleh sang Ibu negara, Jill Biden.