MotoGP Mandalika 2023
Olahraga

Jelang MotoGP Indonesia 2023, MGPA Sterilkan Sirkuit Mandalika

  • Kurang dari sebulan jelang MotoGP Indonesia 2023, MGPA resmi menutup Sirkuit Mandalika per hari ini 18 September.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Jelang pagelaran MotoGP Indonesia 2023, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) atau pengelola Sirkuit Mandalika resmi menutup penggunaan fasilitas umum per hari ini Senin 18 September 2023.

MGPA menjelaskan, penutupan fasilitas Sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk tujuan kesuksesan terselenggaranya acara MotoGP Indonesia 2023 yang dihelat Oktober mendatang. 

"Per tanggal 18 September 2023, Pertamina Mandalika International Circuit secara resmi di-TUTUP untuk semua kegiatan umum," demikian pernyataan resmi MGPA dikutip TrenAsia.com dari siaran pers, Senin 18 September 2023. 

Diketahui, penutupan Sirkuit Mandalika merupakan permintaan langsung dari pengelola MotoGP, Dorna Sports dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM). Induk balap motor itu mengharapkan di beberapa titik Sirkuit Mandalika dilakukan sejumlah penambahan fasilitas.

"Di bagian sirkuit, MGPA akan melakukan berbagai persiapan seperti pengerokan dan pengecatan kerb, pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, timing system," tambah keterangan MGPA. 

Selain itu, pengelola Sirkuit Mandalika bakal memberikan berbagai fasilitas lain berupa tenda dan bangunan penunjang di area paddock. Dan di area inner-sirkuit, MGPA akan melakukan pemasangan panggung musik, booth tenda untuk UMKM, hingga berbagai keperluan lainnya.

"Semua ini dilakukan dalam menyambut perhelatan MotoGP yang akan membawa nama baik Mandalika, Lombok, NTB," demikian pernyataan MGPA.

Penjualan Tiket Masih Kurang

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Jamaluddin Malady mengatakan, perhelatan MotoGP Indonesia 2023 menargetkan pembelian tiket hingga 71.000 orang. Namun, sampai 14 September lalu, tiket baru terjual 11.000 lembar

"Sampai hari ini dari laporan yang kami terima jumlah tiket yang sudah terjual itu mencapai 15 persen atau 11 ribu lembar," ujar Jamaluddin pada 14 September 2023 seperti dilansir Antara.

Kendati begitu, Jamaluddin meyakini penjualan tiket terus meningkat menjelang penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika, yang akan berlangsung dalam waktu kurang dari satu bulan, yakni pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

“Kalau saat MotoGP pertama itu kan target-nya 100 ribu orang, tapi kenyataannya jumlah penontonnya itu sebanyak 102.801 penonton. Artinya, kami optimis dengan target 71 ribu itu jumlah penonton bisa tercapai," ucap Jamaluddin.

Jamaluddin percaya target jumlah penonton gelaran MotoGP tahun ini dapat tercapai, karena saat ini infrastruktur di Sirkuit Mandalika sudah lebih baik dan kapasitas parkir di lokasi sirkuit jauh lebih luas.

Harga Tiket MotoGP Indonesia 2023

Tiket MotoGP Indonesia 2023 terbagi menjadi lima kategori yakni General Admission, Regular Grandstand, Premium Grandstand, Deluxe Class dan Premiere Class.

Kategori General Admisision adalah tiket termurah MotoGP Mandalika 2023 yang dijual mulai dari harga Rp250 ribu (hari Sabtu), Rp500 ribu (hari Minggu) dan Rp750 ribu (Weekend Pass). 

Kategori Premium Grandstand dijual mulai dari harga Rp1 juta (hari Sabtu), Rp1,5 juta   (hari Minggu) dan Rp2,3 juta (Weekend Pass). 

Kategori Regular Grandstand dijual mulai dari harga Rp650 ribu (hari Sabtu), Rp1 juta (hari Minggu) dan Rp1,5 juta (Weekend Pass). 

Kategori Deluxe dan Premier Class adalah yang termahal dan dijual dengan harga Rp15 juta (Deluxe) dan Rp20 juta (Premier Class) 

Seluruh jenis tiket MotoGP Indonesia 2023 dapat dipesan melalui situs MGPA yakni themandalikagp.com atau melaluil aplikasi pembeliaan tiket seperti MyPertamina, LivinbyMandiri, Tiketapasaja.com, Tiket.com, Mytours, Bookmyshow, Platinum Group.