<p>Warga mengikuti ujicoba Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Boulevard Utara, Kelapa Gading, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Jelang Operasi LRT Jabodebek, Intip Berbagai Fasilitas yang Tersedia di Stasiun

  • LRT Jabodebek dijadwalkan beroperasi pada 17 Agustus 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Pengoperasian LRT Jabodebek dijadwalkan dilakukan pada 17 Agustus 2022 sehingga segala persiapan berupa keselamatan dan keamanan para pengguna LRT Jabodebek sudah disiapkan.

LRT Jabodebek sudah memasuki masa pengujian GoA 3 pada lintasan pelayanan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI juga telah mempersiapkan strategi komprehensif dan mengembangkan protokol keselamatan yang ketat di seluruh proses pengujian hingga pengoperasian LRT Jabodebek.

Diharapkan, LRT Jabodebek ini mampu mengurai kemacetan yang terjadi di daerah penyangga ibu kota. Tentunya juga bisa meningkatkan ekonomi bangsa dan menjadi bukti pencapaian teknologi yang dimiliki Indonesia.

Selain kesiapan pada LRT Jabodebek, fasilitas yang tersedia menjadi fokus lain untuk disiapkan kehadirannya agar dapat digunakan secara maksimal. Berikut fasilitas yang tersedia di Stasiun LRT Jabodebek dilansir dari media sosial PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

18 Lokasi Stasiun LRT Jabodebek

LRT Jabodebek memiliki 18 lokasi stasiun yang berada disepanjang 3 lintas pelayanan yakni Cawang - Cibubur, Cawang - Dukuh atas, dan Cawang - Bekasi.

Adapun 18 lokasi stasiun LRT Jabodebek yakni Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jati Bening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

Stasiun LRT Jabodebek Tipe Typical Station

Untuk Stasiun LRT Jabodebek dengan tipe Typical Station salah satunya di Stasiun Harjamukti yang memiliki dua lantai. Lantai pertama merupakan area boarding untuk ticketing dan lantai kedua ada area peron untuk naik dan turun kereta.

Stasiun ini juga tersedia fasilitas pendukung mulai dari papan penunjuk arah, peta stasiun, musala, tangga ekskalator, hingga lift dan kamar mandi khusus untuk para penyandang disabilitas.

Keamanan Penumpang di Peron

Peron LRT Jabodebek ini juga diperhatikan keamanannya untuk keselamatan penumpang saat hendak naik dan turun dari gerbong kereta.

Peron memiliki ruang pemantauan dan pintu otomatis sebagai upaya pencegahan hal yang tidak diinginkan dan sebagai penjamin keselamatan penumpang selama menggunakan LRT Jabodebek.