Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir
Bursa Saham

Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Emiten Milik Erick Thohir Ini Terus Bergairah

  •  Saham PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), yang merupakan emiten besutan Erick Thohir, terus menunjukkan kinerja cemerlang menjelang pelantikan Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto.

Bursa Saham

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Saham PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), yang merupakan emiten besutan Erick Thohir, terus menunjukkan kinerja cemerlang menjelang pelantikan Presiden dan Wapres RI terpilih, Prabowo-Gibran.

Berdasarkan data RTI Business, harga saham MARI naik sebesar 6,45% ke level Rp66 pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat, 18 Oktober 2024. Saham MARI juga melonjak sebesar 32% dalam sepekan terakhir. 

Secara keseluruhan, saham MARI mencatatkan kinerja impresif dengan kenaikan 32% sepanjang tahun berjalan (year-to-date/ytd). Nilai transaksi saham MARI mencapai Rp18,52 miliar, sementara kapitalisasi pasarnya mencapai Rp346,67 miliar.

Lonjakan ini terjadi menjelang pelantikan Presiden dan Wapres terpilih, Prabowo-Gibran, pada 20 Oktober 2024, di mana nama Erick Thohir kembali diproyeksikan menjabat sebagai menteri. Erick juga sempat dipanggil ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara pada Senin, 14 Oktober 2024, dan turut serta dalam pembekalan calon menteri di Hambalang, Bogor.

Erick Thohir saat ini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Ia dilantik sebagai Menteri BUMN pada 23 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN, pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970, ini juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) serta anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Selain itu, Erick merupakan wakil Indonesia di International Olympic Committee (IOC) dan International Basketball Federation (FIBA), serta terpilih menjadi Ketua Umum PSSI sejak 16 Februari 2023. Erick juga mendirikan Mahaka Group yang membawahi MARI serta emiten lainnya, yakni PT Mahaka Media Tbk (ABBA).

Sebagai informasi, Mahaka Group merupakan sebuah grup usaha yang berfokus pada media dan hiburan. Salah satu perusahaan yang berada di bawah payung Mahaka Group adalah MARI, yang bergerak di bidang penyiaran radio.