Ilustrasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022.
Dunia

Jelang Pembukaan Piala Dunia 2022, 8 Pemain Timnas Ekuador Diduga Disuap Qatar Rp115 miliar Agar Kalah

  • Opening ceremony ajang Piala Dunia 2022 tinggal menghitung jam lagi, namun ada skandal dugaan penyuapan yang bisa mencoreng ajang Piala Dunia 2022. Qatar, dituduh melakukan suap ke 8 pemain Timnas Ekuador agar kalah di laga pembuka Piala Dunia 2022.
Dunia
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Opening ceremony ajang Piala Dunia 2022 tinggal menghitung jam. Namun beredar kabar skandal dugaan penyuapan yang bisa mencoreng ajang Piala Dunia 2022. Qatar, dituduh melakukan suap ke 8 pemain Timnas Ekuador agar kalah di laga pembuka Piala Dunia 2022.

Melansir dari Marca, Minggu 20 November 2022, Pakar Politik dan Direktur Regional British Center di Arab Saudi, Amjad Taha melaporkan 8 pemain Timnas Ekuador diduga telah disuap oleh Qatar. Delapan pemain Timnas Ekuador itu mendapat US$7,4 juta atau sekira Rp115 miliar (kurs Rp15.500 dolar AS) sebagai imbalan untuk mengalah saat melawan Qatar.

“Menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah tanggung jawab besar, yang sepertinya tidak ditangani dengan baik oleh Qatar. Dalam beberapa minggu terakhir, ada peningkatan laporan yang mengungkap pelanggaran hak asasi manusia,” tulis Marca dilansir Minggu, 20 November 2022.

Menurut laporan tersebut, tuan rumah meminta Ekuador agar Qatar menang dengan skor 1-0. Gol tersebut akan tercipta di babak kedua. Hal ini tentu menarik perhatian, karena ini bukan pertama kalinya Qatar dituduh melakukan suap.

Sebelumnya, Qatar pernah dituduh menyuap FIFA senilai jutaan dolar. Hal itu dilakukan agar mereka dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia. Namun hingga saat ini belum ada pihak dari pemerintah ataupun Federasi Sepakbola Qatar yang berkomentar.

Padahal laga pembuka antara Qatar vs Ekuador dijadwalkan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu 20 November 2022 pukul 23.00 WIB.