Penumpang di stasiun
Transportasi dan Logistik

Jelang Piala Dunia U-17, Penjualan Tiket KA Melonjak

  • Tercatat sekitar 68.000 tiket kereta api jarak jauh telah terjual.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terjadi lonjakan volume penumpang menjelang perhelatan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Pada Jumat, 10 November 2023, tercatat sekitar 68.000 tiket kereta api jarak jauh telah terjual. 

Angka itu mengalami peningkatan cukup signifikan sebesar 26 persen  dibandingkan dengan pekan sebelumnya di mana penjualan tiket hanya sekitar 54.000 tiket. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebutkan akan terus memantau perkembangan pemesanan tiket menjelang Piala Dunia U-17 2023. Joni juga merasa hasil penjualan untuk Jumat,10 November 2023 terdapat peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pekan lalu pada periode yang sama.

“Tentu kami akan mendukung penuh proses perpindahan atau transportasi penumpang antarkota di wilayah Jawa khususnya, dalam rangka menyukseskan Piala Dunia tersebut. Hal ini tentu menjadi kebanggaan kita semua,” ujar Joni.

KAI telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama Piala Dunia U-17 2023 berlangsung. Hal tersebut meliputi kesiapan untuk mengakomodir wisatawan asing yang ingin menggunakan kereta api ke lokasi pertandingan Piala Dunia. 

Joni menjelaskan armada kereta api yang disiapkan di seluruh wilayah operasi hingga saat ini masih mampu memenuhi permintaan masyarakat, dan mereka akan terus mengevaluasi situasi tersebut.

“Artinya kalau memang nantinya ada lonjakan penumpang, saat gelaran ini dilaksanakan, tentu kami akan melakukan upaya-upaya untuk bisa mengakomodir semuanya,” ujar Joni.

Sebagai wujud dukungan terhadap Piala Dunia U-17 2023 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan, KAI juga meluncurkan Promo Patriotrip. Promo tersebut menawarkan lebih dari 25.000 tiket kereta api dengan diskon 25 persen. 

Promo Patriotrip tersebut berlaku untuk pemesanan tiket kereta api yang dilakukan antara tanggal 8 hingga 10 November 2023 untuk tanggal keberangkatan antara 13 hingga 30 November 2023. Tiket promo tersebut tersedia untuk dibeli melalui seluruh saluran resmi pemesanan tiket KAI, namun tidak bisa untuk pembelian langsung di loket stasiun.

Piala Dunia U-17 2023 diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Kota Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Solo pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Perhelatan ini merupakan pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah turnamen FIFA dan sekaligus menjadi Piala Dunia U-17 FIFA pertama yang diadakan di Asia Tenggara.