Jakarta International Stadium (JIS)
Olahraga

Jelang Piala Dunia U-17, PLN Cek Listrik Jakarta International Stadium

  • Jelang Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung 11-24 November 2023, PT PLN (Persero) melalui PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melalukan pengecekan sistem kelistrikan di Jakarta Internasional Stadium (JIS).
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Jelang Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung 11-24 November 2023, PT PLN (Persero) melalui PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melalukan pengecekan sistem kelistrikan di Jakarta International Stadium (JIS). 

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran melalui keterangan resmi pada Selasa, 17 Oktober 2023, menyampaikan inspeksi sistem kelistrikan di JIS, meliputi pengecekan gardu distribusi, panel instalasi, hingga suplai listrik ke dalam stadion.

Lasiran menyebut JIS akan disuplai dengan pengamanan kelistrikan 4 lapis untuk memastikan listrik yang andal selama pertandingan Piala Dunia U-17 mendatang. 

"PLN siap menjadi yang terdepan untuk mendukung suksesnya gelaran FIFA World Cup 2023 U-17 yang akan berlangsung di JIS nanti," terang Lasiran. 

Pihaknya juga menyiapkan personel dan peralatan untuk mendukung keandalan pasokan listrik, antara lain Sebanyak 276 personel disiapkan, 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) total daya 2.500 kVA, 4 Unit Gardu Bergerak (UG ) total daya 3.400 kVA, 1 unit tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), 1 unit mobil crane, 5 unit mobil pelayanan teknik (yantek), serta 30 motor yantek disiagakan untuk mengamankan pasokan listrik ke JIS.

"PLN juga terus berkoordinasi dengan pihak JIS untuk memastikan kebutuhan listrik selama acara dapat disuplai penuh dari PLN," ungkap Lasiran. 

Selain JIS, PLN juga telah menyiapkan kesiapan kelistrikan untuk 4 lokasi lain di Jakarta yang menjadi tempat latihan peserta Piala Dunia U-17, yakni Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Lapangan ABC GBK, Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, dan juga Lapangan Banteng.

Sebagai Informasi, Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi venue Piala Dunia U-17 bagi pertadingan negara papan atas langganan piala dunia senior yang tergabung dalam Grup C dan E.

Grup C sendiri berisikan Brasil, Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru. Sedangkan Grup E akan diisi oleh negara sekaliber Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, serta Burkina Faso.

JIS merupakan stadion baru berstandar FIFA dengan kapasitas 82 ribu kursi penonton sehingga menjadikannya stadion terbesar di Indonesia. 

JIS didesain seperti stadion-stadion besar lainnya di Eropa yang di mana tidak menerapkan lintasan atletik sehingga penonton dapat menyaksikan pertandingan lebih dekat. 

Selain itu, JIS menjadi stadion pertama di Tanah Air yang menggunakan sistem atap buka-tutup (retractable roof) sehingga pertandingan dapat digelar dalam cuaca apapun. 

Sistem atap buka-tutup ini juga digunakan sejumlah stadion di luar negeri seperti Sapporo Dome, Jepang, dan Johan Cruyff Arena, Belanda.