<p>PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks). / Koinworks.com</p>
Fintech

Jelang Ramadan, KoinWorks Sediakan Pembiayaan Alternatif buat UMKM Digital

  • PT Lunaria Annua Teknologi atau KoinWorks akan bantu pendanaan penyaluran pembiayaan alternatif bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) digital sektor e-commerce untuk memaksimalkan bisnis menjelang dan selama bulan suci Ramadan.

Fintech
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – PT Lunaria Annua Teknologi atau KoinWorks akan bantu pendanaan penyaluran pembiayaan alternatif bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) digital sektor e-commerce untuk memaksimalkan bisnis menjelang dan selama bulan suci Ramadan.

Chief of Operating Officer Koinworks Bernard Arifin mengatakan meski Ramadan belum akan kembali normal terutama dengan terbitnya larangan mudik, minat masyarakat dalam mempersiapkan keperluan ibadah puasa lewat online shoping justru melonjak.

KoinWorks menghadirkan ragam inovasi layanan finansial untuk keperluan personal dan bisnis, dan fokus menyediakan akses demi memaksimalkan penyaluran pembiayaan alternatif bagi pelaku UMKM digital sektor e-commerce.

“Merespons permintaan dari konsumen yang terjadi menuju dan selama bulan suci Ramadan, pelaku UMKM digital harus menyiapkan dana tambahan guna menambah stok barang, atau mengeluarkan produk baru,” ujarnya, dikutip Kamis 1 April 2021.

KoinWorks sebagai platform pembiayaan produktif siap memberikan penawaran dan pelayanan terbaik, terlebih saat ini telah memiliki banyak partner dalam ekosistem digital UMKM.

“Sehingga memudahkan pelaku untuk mengakses pembiayaan secara mudah dan cepat,” katanya.

Sejak Februari, Bernard mengakui permintaan pinjaman di KoinBisnis sudah tercatat naik hingga 40%. Saat ini, ungkap Bernard, Koinworks terus menggenjot penyaluran pembiayaan ke pelaku UMKM digital sektor e-commerce, salah satunya lewat pemberian penawaran khusus Ramadan.

Rata-rata peminjaman dari para pelaku UMKM digital e-commerce menjelang Ramadan tercatat sekitar Rp50 juta hingga Rp100 juta, dengan tenor pinjaman rata-rata satu tahun atau 12 bulan.

KoinWorks melalui KoinBisnis juga memberikan berbagai program promo menarik untuk mendukung para online seller untuk memaksimalkan penjualannya di bulan Ramadan.

Salah satu promo tersebut adalah potongan biaya origination fee hingga 50% dan program instant approval untuk pinjaman maksimal Rp50 juta mulai pertengahan bulan April 2021.

Meski begitu, program ini bakal dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang ketat, sehingga proses penilaian kredit pun tetap dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal ini, kata Bernard, adalah bentuk komitmen Koinworks untuk terus memastikan terjaganya nilai kredit macet, dengan menjalankan prinsip responsible lending serta memantau penyesuaian sistem credit-scoring secara berkala, dan menyesuaikan kondisi ekonomi dan bisnis yang berjalan.

“Tentunya untuk tetap menjaga kepercayaan pendana agar terus mendanai ratusan ribu bisnis para pelaku UMKM digital di Indonesia,” tegas Bernard. (SKO)