<p>President Director PT Bank KB Bukopin Tbk. Rivan A. Purwantono berbincang dengan Chief Strategic Officer Ji Kyu Jang saat peluncuran logo dan nama baru Bank KB Bukopin,Rabu 10 Maret 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Korporasi

Jelang RUPS KB Bukopin, Sinergi KB Kookmin dan Bosowa Makin Kuat

  • JAKARTA – PT Bank KB Bukopin Tbk menanggapi pemberitaan yang beredar perihal putusan banding terkait gugatan salah satu pemegang saham. Sesuai dengan putusan banding perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang menolak penundaan pelaksanaan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 64/KDK.03/2020 tentang Hasil Penilaian Kembali PT Bosowa Corporindo Selaku Pemegang Saham Pengendali […]

Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Bank KB Bukopin Tbk menanggapi pemberitaan yang beredar perihal putusan banding terkait gugatan salah satu pemegang saham.

Sesuai dengan putusan banding perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang menolak penundaan pelaksanaan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 64/KDK.03/2020 tentang Hasil Penilaian Kembali PT Bosowa Corporindo Selaku Pemegang Saham Pengendali PT Bank Bukopin Tbk tanggal 24 Agustus 2020.

Sehingga, berdasarkan putusan banding tersebut, KDK OJK tersebut tetap berlaku penuh dan dalam eksepsinya, OJK memiliki kompetensi absolut terhadap penilaian kemampuan dan kepatutan tersebut.

“Alhamdulillah, tercapai hasil terbaik dari beberapa kali pertemuan antara kedua pemegang saham terbesar, serta koordinasi intensif kami dengan OJK. Kami menghormati putusan PTTUN tersebut. Dalam hal pelaksanaan KDK OJK, kami sebagai bank yang diawasi OJK akan menjalankan keputusan tersebut secara penuh sesuai dengan porsi kami,” kata Direktur Utama, Rivan Purwantono dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu 2 Juni 2021.

Saat ini, KB Bukopin memiliki sekitar 20,12% pemegang saham ritel. Selebihnya didominasi pemegang saham utama yaitu KB Kookmin Bank (67%), Bosowa Corporindo (9,7%), dan pemerintah (3,18%).

Ketiga pemegang saham terbesar tersebut, lanjut Rivan berpotensi mempererat sinergi ke depannya demi kemajuan KB Bukopin.

“Maka pasca inkracht, dan akan dicapainya kesepakatan dalam waktu dekat ini, kolaborasi dan sinergi antara pemegang saham tentu akan semakin kuat.

Menurut Rivan, ini adalah bukti bahwa komunikasi yang baik dan semangat kebersamaan yang baik antara KB Bukopin, OJK, KB Kookmin Bank, dan Bosowa Corporindo. Hal ini akan berdampak baik pada kepercayaan nasabah dan masyarakat.

Seperti diketahui, perseroan akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 17 Juni dengan 7 agenda rapat. Di antaranya penambahan modal melalui Penawaran Umum Terbatas dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu alias Rights Issue.

“Penguatan modal ini menjadi komitmen bersama kami dan PSP, dan didukung OJK untuk dilaksanakan tahun ini, diharapkan pemegang saham lainnya juga dapat berpartisipasi memperkuat permodalan,” jelas Rivan. (RCS)