Ilustrasi protes 4 hari kerja di Jerman (Michael Reichel/dpa/picture alliance)
Dunia

Jerman Mulai Terapkan 4 Hari Kerja, Ini Pemicunya

  • Pada bulan Februari, 45 perusahaan dan organisasi di ekonomi terbesar Eropa ini akan memperkenalkan jam kerja 4 hari selama setengah tahun. Karyawan akan terus menerima gaji penuh mereka.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Meskipun Jerman kesulitan menemukan cukup pekerja belakangan ini, puluhan perusahaan sedang memulai eksperimen yang akan melibatkan karyawan bekerja satu hari lebih sedikit.

Pada bulan Februari, 45 perusahaan dan organisasi di ekonomi terbesar Eropa ini akan memperkenalkan jam kerja 4 hari selama setengah tahun. Karyawan akan terus menerima gaji penuh mereka. Inisiatif ini dipimpin oleh perusahaan konsultan Intraprenör bekerja sama dengan organisasi nirlaba 4 Day Week Global (4DWG).

Para pendukung berpendapat jam kerja 4 hari akan meningkatkan produktivitas pekerja. Sebagai konsekuensinya, membantu mengatasi kekurangan pekerja terampil di negara ini.

Dikutip dari DW, Senin, 5 Februari 2023, Jerman memiliki reputasi yang telah lama dipegang untuk ketekunan dan efisiensi. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, produktivitas di Jerman mengalami penurunan. Ini tidak selalu karena pekerja malas. 

Pada intinya, produktivitas diukur dengan membagi hasil ekonomi dengan jam kerja. Selama beberapa tahun terakhir, biaya energi tinggi telah merugikan hasil perusahaan, membuat mereka—dan negara—memiliki skor produktivitas yang lebih rendah.

Jika perusahaan dapat mempertahankan hasil mereka saat ini dengan karyawan bekerja lebih sedikit jam, ini secara alami akan mengarah pada tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Namun, apakah mereka bisa?

Pendukung berpendapat, karyawan yang bekerja empat hari, bukan lima hari, lebih termotivasi dan karena itu lebih produktif. Model ini juga berpotensi menarik lebih banyak orang ke dalam angkatan kerja dengan melibatkan mereka yang tidak mau bekerja lima hari seminggu, membantu mengurangi kekurangan tenaga kerja.

Pekerja Tidak Terlalu Stres

Teori tersebut telah diuji di luar Jerman. Sejak 2019, 4DWG telah menjalankan program uji coba di seluruh dunia-dari Inggris dan Afrika Selatan hingga Australia, Irlandia, dan AS. Lebih dari 500 perusahaan telah berpartisipasi dalam uji coba, dan hasil awal tampaknya mendukung minggu kerja yang lebih singkat. 

Melihat eksperimen yang melibatkan hampir 3.000 pekerja di Inggris, para peneliti dari Cambridge dan Boston menemukan hampir 40% peserta melaporkan merasa tidak terlalu stres setelah eksperimen tersebut dan jumlah pengunduran diri berkurang sebesar 57%.

Hari sakit juga berkurang dua pertiga. Data terbaru dari perusahaan asuransi kesehatan Jerman DAK menunjukkan pekerja di Jerman rata-rata mengambil 20 hari sakit tahun lalu.

“Itu berarti ketidakhadiran terkait penyakit menyebabkan hilangnya pendapatan riil secara keseluruhan sebesar €26 miliar (US$28 miliar) di Jerman pada tahun 2023,” kata Asosiasi Perusahaan Farmasi Berbasis Riset Jerman (VFA). Ini akan menekan output ekonomi sebesar 0,8 poin persentase.

Yang terpenting, dalam percobaan di Inggris, para peneliti juga mengamati peningkatan pendapatan rata-rata sekitar 1,4% di 56 dari 61 perusahaan yang berpartisipasi. Mayoritas menyatakan keinginan untuk mempertahankan minggu kerja 4 hari di luar fase uji coba.

Bisakah itu berhasil di Jerman juga? Pakar pasar tenaga kerja Enzo Weber tidak begitu yakin. Dia melakukan penelitian di Universitas Regensburg dan Institute for Employment Research dan memiliki beberapa masalah dengan hasil proyek percontohan sebelumnya.

Hanya perusahaan yang pekerjaannya cocok untuk minggu kerja 4 hari yang akan mengajukan eksperimen semacam itu. Oleh karena itu, tidak dapat dianggap berlaku untuk perekonomian secara keseluruhan.

Weber juga meragukan hasil positifnya karena mengurangi jam kerja kemungkinan akan menghasilkan pekerjaan yang lebih terkonsentrasi.

Jam kerja yang lebih sedikit berarti lebih banyak elemen sosial dan kreatif dalam pekerjaan. Di sini konsekuensinya tidak akan langsung terasa, apalagi dalam studi yang dirancang hanya berlangsung selama enam bulan.

Tidak Berlaku untuk Semua Industri

Pandangan skeptis lainnya menunjukkan tantangan dalam mengukur produktivitas. Pengurangan jam kerja dapat menyebabkan perubahan struktural yang berdampak lebih besar pada produktivitas daripada keterlibatan karyawan.

Holger SchäFer, seorang peneliti di Institut Ekonomi Jerman (IW) Cologne, mengatakan adalah fantasi untuk mengharapkan peningkatan produktivitas sebesar 25% dengan imbalan pengurangan jam kerja sebesar 20%.

Ekonom Bernd Fitzenberg dari Institute for Employment Research (IAB) Jerman mengatakan 4 hari seminggu dapat berarti biaya yang lebih tinggi bagi perusahaan jika penyebaran jam kerja hanya dalam empat hari tidak diimbangi dengan peningkatan produktivitas.

“Ini menjadi tantangan di bidang-bidang di mana layanan harus disediakan di sini dan sekarang, pada waktu tertentu, untuk pelanggan, atau orang-orang yang dirawat,” katanya kepada DW, seraya menambahkan bahwa 4 hari seminggu.

Oleh karena itu, akan lebih sulit untuk diterapkan di bidang-bidang seperti keperawatan, layanan keamanan, atau transportasi. “Jika kita menerapkan peraturan seperti itu secara ketat di semua industri dengan cara yang sama, hal itu dapat merusak daya saing.”

Terlepas dari argumen yang berlawanan, jam kerja 4 hari masih menjadi daya tarik, bahkan bagi para pemain industri yang mapan. Serikat pekerja Jerman IG Metall telah menganjurkan jam kerja yang lebih pendek selama beberapa waktu. Di industri baja, misalnya, saat ini hanya bekerja 35 jam per minggu.