<p>Presiden Joko Widodo dan Presiden AS terpilih Joe Biden / Facebook @Jokowi</p>
Dunia

Joe Biden Minta Bantuan G7 Soal China, Ingin Perang Dagang Berakhir

  • Joe Biden meminta G7 untuk bekerjasama mengatasi berbagai kekahawatiran atas China, namun tanpa melanjutkan perang dagang kembali.

Dunia
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat Joe Biden meminta negara-negara G7 untuk bekerja sama mengatasi berbagai kekhawatiran atas China, namun tanpa melanjutkan perang dagang kembali.

Mengutip dari Reuters, Presiden Biden telah telah menemui kepala negara G7 lainnya melalui videoconference.

Tetapi ia berencana untuk mengadakan pertemuan G7 secara langsung di Inggris pada musim panas ini.

Dikabarkan Biden akan menekankan demokrasi untuk bekerja sama dengan G7 dalam perlawanannya dengan China yang ia anggap “kasar secara ekonomi”.

Hubungan Dagang Amerika Serikat-China

Salah satu pejabat Gedung Putih mengatakan, bahwa Biden tidak akan mencari konfrontasi ataupun melanjutkan perang dagang dengan China, namun ia membuka diri untuk kompetisi ketat.

Biden akan mengevaluasi kesepakatan perdagangan dan bea cukai dengan China, sementara saat ini masih fokus pada pemulihan pandemi dan resesi ekonomi, demikian dikutip dari AP News.

Tidak seperti Donald Trump, peneliti JP Morgan Joyce, memprediksi hubungan AS-China akan sangat kompetitif tetapi tidak konfrontasional serta membangun kembali diskusi multilateral dengan negara negara Eropa.

“Pemerintahan Biden akan menekankan kesabaran dalam hubungannya dengan China,” ungkap Jen Psaki kepala pers Gedung Putih dikutip dari CNBC. (SKO)