<p>Presiden Amerika Serikat terpilh Joe Biden dan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris. / Twitter.com</p>
Nasional & Dunia

Joe Biden Resmi Menang, Trump Tak Terima dan Sebut Pemilu AS Curang

  • Josep Robinette Biden Junior alias Joe Biden dipastikan bakal menduduki kursi presiden Amerika Serikat (AS) dengan 290 suara elektoral yang diraihnya. Terpilihnya Joe Biden akan melengserkan kepemimpinan Donald Trump yang telah bertengger 4 tahun di Gedung Putih.

Nasional & Dunia
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

WASHINGTON – Josep Robinette Biden Junior alias Joe Biden dipastikan bakal menduduki kursi presiden Amerika Serikat (AS) dengan 290 suara elektoral yang diraihnya. Terpilihnya Joe Biden akan melengserkan kepemimpinan Donald Trump yang telah bertengger 4 tahun di Gedung Putih.

Kemenangan Joe Biden diberitakan oleh sejumlah media ternama Amerika Serikat seperti CNN, NBC News, dan CBS News. Sejumlah tokoh dunia pun turut menggaungkan kemenangan Joe Biden bersama wakil presidennya Kamala Harris di media sosial.

Dalam laman Twitter, dikutip Minggu, 8 November 2020, Presiden ke-42 Amerika Serikat, Bill Clinton mengungkapkan kegembiraannya atas kemenangan kandidat presiden dari Partai Demokrat AS itu.

“Amerika telah berbicara dan demokrasi telah menang. Sekarang kita memiliki presiden dan wakil presiden terpilih yang akan melayani kita semua dan menyatukan kita semua. Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas kemenangan Anda,” ujar Bill.

Istri Presiden ke-44 Amerika Serikat, Michelle Obama juga turut memberikan selamat atas terpilihnya presiden Negeri Paman Sam yang baru ini.

“Saya sangat senang bahwa teman saya Joe Biden dan Wakil Presiden wanita kulit hitam berdarah India-Amerika pertama kami, Kamala Harris, sedang menuju untuk memulihkan martabat, kompetensi, dan hati di Gedung Putih. Negara kita sangat membutuhkannya,” sebutnya.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump / Reuters
Trump Tuding Curang

Sementara itu, Donald Trump masih belum berkomentar terkait hasil Pilpres ini. Namun, kandidat presiden dari Partai Republik itu sudah berulang kali menyebut adanya kecurangan. Ia pun mengklaim bahwa dirinya yang menang, tapi pernyataannya tidak berdasarkan bukti.

Pada laman Twitter miliknya, Trump menyebutkan, “Saya menangi Pemilu ini, dengan banyak suara,” kata dia. Unggahan terbarunya pada Minggu, 8 November 2020 hingga pukul 13.00 WIB, Trump masih ngotot dirinya yang menang. Trump menuturkan dirinya memiliki 71 juta suara resmi, terbanyak untuk presiden yang duduk.

Di samping itu, Biden telah berkumpul dengan wapresnya, Kamala Harris, di kota asalnya di Wilmington, Delaware. Kemenangan Biden ini membuat pengamanan dari paspampres diperketat. Nantinya, eks Senator Delaware itu akan dilantik pada 20 Januari 2021.

Dengan hasil ini Joe Biden menjadi presiden tertua di Amerika Serikat. Eks wakil presiden Barack Obama itu bakal berusia 78 tahun saat dilantik tahun depan. Sementara, Kamala Harris yang merupakan senator dan mantan jaksa agung California, akan mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang duduk di kursi nomor dua Gedung Putih. (SKO)