Johnny Depp (kanan) dan Amber Heard saat masih menjalin hubungan.
Gaya Hidup

Johnny Depp Donasikan Duit Ganti Rugi Rp15 Miliar dari Amber Heard

  • Artis Johnny Depp mendonasikan uang ganti rugi senilai US$1 juta atau sekitar Rp15 miliar dari Amber Heard untuk lembaga amal.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—Artis Johnny Depp mendonasikan uang ganti rugi senilai US$1 juta atau sekitar Rp15 miliar dari Amber Heard untuk lembaga amal. Duit tersebut diberikan untuk penyelesaian kasus pencemaran nama baik. 

Dikutip dari People, Senin 19 Juni 2023, Depp bakal membagikan uang ganti rugi pada lima badan amal yakni Make-A-Film Foundation, The Painted Turtle, Red Feather, Tetiaroa Society, dan Amazonia Fund Alliance. Masing-masing lembaga amal mendapatkan US$200.000 atau sekitar Rp3 miliar. Info itu diketahui dari rekan dekat sang artis. 

Depp dan Heard sempat mengajukan banding usai putusan 1 Juni 2022. Namun mereka memutuskan membatalkannya dan mencapai penyelesaian yang diumumkan Desember lalu. Heard mengatakan itu adalah keputusan yang sulit dan menegaskan hal tersebut bukanlah tindakan konsesi. “Penting bagi saya untuk mengatakan bahwa saya tidak pernah memilih ini,” ujar Heard.

Heard mengaku mengalami jenis penghinaan yang tidak bisa dia terima kembali selama persidangan yang disiarkan langsung televisi. Ia juga tidak mampu mengambil risiko bayaran yang mustahil, tak hanya secara finansial, tapi juga psikologis, fisik, dan emosional. “Perempuan tidak harus menghadapi pelecehan atau kebangkrutan karena mengatakan kebenarannya, tapi sayangnya itu adalah tidak biasa,” ujar aktris 37 tahun itu. 

Pada Desember 2022, pengacara Depp, Benjamin Chew dan Camille Vazquez mengeluarkan pernyataan tentang penyelesaian tersebut. Mereka menyatakan keputusan juri sudah bulat yang membuat Heard tetap perlu membayar ganti rugi atas pencemaran nama baik sebesar US$1 juta. Sebagai informasi, mantan pasangan suami-istri itu sempat terlibat kasus pencemaran nama baik. 

Bergulir Sejak 2019

Heard membeberkan kepada publik bahwa Depp telah melakukan kekerasan rumah tangga terhadap dirinya. Heard juga meminta dukungan dari perempuan yang mengalami hal yang sama. “Saya menjadi figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga. Saya merasa kekuatan penuh dari kemurkaan budaya kita terhadap perempuan yang berbicara,” tulis Heard.

Namun Depp membantah pernyataan tersebut. Pada Maret 2019, Depp menuntut Heard atas kasus pencemaran nama baik ihwal pernyataan yang ditulis mantan istrinya itu. Sidang pun dimulai pada 11 April 2022 di Virginia, dan memakan waktu selama berpekan-pekan setelahnya. 

Pada 1 Juni 2022, juri menemukan Heard melakukan fitnah pada Depp. Heard kemudian mengumumkan di media sosialnya bahwa dia menyelesaikan kasus pencemaran nama baik dengan memberikan US$1 juta kepada sang mantan suaminya itu.