Tampilan armada KCIC
Nasional

Jokowi Jajal Kereta Cepat Hari Ini, Ajak Raffi hingga Yuni Shara

  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan mulai dioperasikan pada 1 Oktober 2023. Rencana pengoperasian tersebut molor dari sebelumnya hendak dilaksanakan pada bulan September.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Stasiun Halim hingga Stasiun Padalarang, Rabu 13 September 2023. Dari Stasiun Padalarang, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung dengan menggunakan Kereta Pengumpan (KA Feeder). 

Perjalanan Halim Bandung tersebut ditempuh selama 50 menit dengan rincian Halim-Padalarang selama 28 menit dilanjut menggunakan KA Feeder dari Padalarang menuju Bandung selama 20 menit. Kereta yang membawa presiden tersebut diketahui berangkat dari Halim sekira pukul 08.59 WIB.

Dalam perjalanannya menuju Bandung menggunakan kereta berkecepatan 350km/jam tersebut, Presiden didampingi sejumlah menteri dan penjabat (PJ) gubernur serta sejumlah influencer atau pemengaruh seperti Raffi Ahmad dan Yuni Shara.

Tampak hadir dalam rombongan tersebut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung hingga Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Uji coba KCJB oleh Presiden Jokowi sebelumnya pernah diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menhub menyebutkan jika setelah kepulangan presiden dari menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India akan dilakukan uji coba kereta cepat tersebut.

Terkait beroperasinya kereta cepat tersebut, Menhub menyatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan mulai dioperasikan pada 1 Oktober 2023. Rencana pengoperasian tersebut molor dari sebelumnya hendak dilaksanakan pada bulan September. 

Senada dengan Menhub, Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Risal Wasal juga memastikan peresmian operasional kereta kilat tersebut bakal digelar pada 1 Oktober mendatang. Awalnya kereta cepat ditargetkan beroperasi pertengahan Agustus 2023 atau seiring HUT ke-78 RI. Namun hal itu urung dilakukan karena terdapat sejumlah catatan dalam KCJB.

KCIC diketahui telah melakukan uji sertifikasi pada sarana dan prasarananya sejak Juli 2023. Uji sertifikasi KA Cepat mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan No. 7 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kereta Api Kecepatan Tinggi. 

Pengujian tersebut memiliki beberapa tahapan di antaranya Uji Statis yang meliputi dimensi, berat, kelistrikan, dan lainnya serta Uji Dinamis yang meliputi uji pengereman, pengecekan temperatur, kondisi keandalan dan kenyamanan sarana saat dijalankan serta berbagai aspek lainnya.

Terdapat memiliki 12 Rangkaian KA Cepat dengan rincian 11 rangkaian Kereta Penumpang dan 1 rangkaian Kereta Inspeksi yang dilakukan pengujian. “Proses sertifikasi merupakan bagian dari yang harus dipenuhi secara aturan untuk menguji keandalan dari rangkaian kereta yang akan dioperasikan nantinya,” ujar GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa.