Perayaan HUT RI ke-79 yang rencananya hendak digelar di IKN.
Nasional

Jokowi: Januari Tahun Depan Infrastruktur di IKN Mulai Terbentuk

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Ibu Kota Negara (IKN) mengatakan bahwa secara keseluruhan di bulan Januari tahun depan, progress pembangunan infrastruktur sudah mulai terbentuk.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Ibu Kota Negara (IKN) mengatakan bahwa secara keseluruhan di bulan Januari tahun depan, progress pembangunan infrastruktur sudah mulai terbentuk.

"Progres secara keseluruhan bisa lihat nanti di Januari. Insha Allah bukan hanya gedung pemerintahan saja, tapi ada private sector, sektor swasta, investor, sudah mulai masuk," kata Jokowi yang didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 26 Oktober 2022

Ia juga menambahkan dengan sudah terlihatnya beberapa infrastruktur di IKN, hal itu diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan terus bergerak maju.

Selain itu alasan Jokowi melakukan kunjungan kerja ke IKN lewat laut adalah karena jaraknya lebih dekat.

"Saya melakukan kunjungan kerja ke IKN dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Kepala Otorita tapi lewat laut yang saya melihat jaraknya lebih dekat lewat laut," ungkap Jokowi.

Ia juga menambahkan jalur laut akan digunakan untuk pengangkutan logistik ke IKN yang sementara ini sudah berjalan.

Kemudian ia juga menegaskan, untuk jalur laut sementara memang dipakai untuk logistik, tapi kedepan tidak menutup kemungkinan akan dipakai untuk mengangkut penumpang juga.

Sementara itu, Jokowi juga melihat beberapa bangunan lain seperti bendungan yang nantinya akan difungsikan untuk air baku di IKN. Lalu, adapun bangunan untuk para pekerja yang sudah mulai disiapkan.

"Ada juga land development-nya sudah disiapkan untuk gedung Kementerian, gedung Presiden dan Wakil Presiden semuanya sudah dalam proses persiapan dan pembangunan infrastruktur. Semuanya sudah dimulai utamanya jalan tol dari IKN ke Balikpapan sudah menunjukkan progress yang baik," imbuhnya.

Ditanya perihal rencana untuk menyelenggarakan upacara 17 Agustus pada 2024, Jokowi optimis hal tersebut bisa terealisasi.

"Kalau kerjanya seperti ini, Insha Allah bisa. Ya harus optimis," kata Jokowi