Presiden Jokowi saat memberikan kuliah umum di Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu 15 November 2023
Energi

Jokowi Kantongi Investasi Rp232 Triliun Usai Bertemu Bos Exxonmobil

  • ExxonMobil memberikan komitmen investasi senilai Rp232,5 triliun dalam proyek pembangunan kilang petrokimia hijau

Energi

Debrinata Rizky

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Chairman Exxonmobil Corporation Darren Woods untuk membahas kerja sama pembangunan kilang petrokimia hijau.

Retno mengungkapkan, jika proyek ini berhasil, ExxonMobil memberikan komitmen investasi terbesar yakni US$15 miliar atau setara Rp232,5 triliun (kurs Rp15.500 per dolar AS).

"Ini adalah proyek yang sedang dibahas kalau proyek bisa dilakukan maka nilai investasinya akan mencapai sekitar US$15 miliar. Jadi pak presiden dan ExxonMobil membahas isu itu," kata Retno dilansir dari laman Setkab, Kamis, 16 November 2023.

Dijelaskan, komitmen investasi tersebut sudah tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU). MoU tersebut mencakup kerja sama mengeksplorasi, evaluasi, dan pengembangan kompleks petrokimia termutakhir di Indonesia.

Fokus utama proyek ini untuk menciptakan polimer berkualitas tinggi, untuk meningkatkan ekspor dan menjawab tuntutan pasar Asia yang terus tumbuh.

Rencana investasi ini diharapkan memberikan dampak positif pada sektor industri, serta menciptakan lapangan kerja selama konstruksi dan selama operasi produksi, pemeliharaan, dan layanan terkait.  Rencananya proyek ini akan digadang sebagai kompleks petrokimia rendah emisi, yang dapat memanfaatkan peluang penyimpanan CO2 CCS Hub sekitarnya.

Retno menjelaskan proyek petrokimia hijau yang direncanakan bakal menjadi yang tercanggih di dunia. Sementara fasilitas penyimpanan karbon CCS yang mau dibuat di Indonesia akan menjadi yang terbesar se-ASEAN.

Selain itu, Jokowi juga mengundang ExxonMobil untuk melakukan investasi di bidang energi baru terbarukan dan pembangunan infrastruktur hijau termasuk di IKN Nusantara.

Pertemuan Jokowi dengan ExxonMobil menjadi salah satu agenda dalam kunjungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat.