Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Gudang Bulog di   Rawang Timur, Padang, Rabu 25 Oktober 2023 (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Nasional

Jokowi Kucurkan BLT El Nino Senilai Rp400.000

  • Bantuan tersebut akan diberikan pada bulan November dan Desember masing-masing Rp200.000.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat senilai total Rp400.000. Bantuan tersebut akan diberikan pada bulan November dan Desember masing-masing Rp200.000. Hal itu diberikan sebagai langkah agar fenomena El Nino tidak sampai mengurangi daya beli masyarakat.

“Karena ada El Nino dan kita tahu ini jangan sampai mengurangi daya beli masyarakat, kita juga akan mengeluarkan BLT El Nino,” ujar Presiden Jokowi saat meninjau Gudang Bulog di Rawang Timur, Padang, dikutip dari Youtube Sekretariat Kepresidenan, Kamis, 26 Oktober 2023.

Presiden Jokowi menyebut soal bantuan beras pemerintah di mana telah ada yang menerima sekali atau dua kali. “Saya kira nanti bulan November Insya Allah akan selesai tiga kali,” ujar Presiden. Disebutkan pula bahwa Presiden akan menambah kembali bantuan beras di bulan Desember. “Keputusan kita sekali lagi,” tuturnya.

Soal cadangan beras di Sumatra Barat, Presiden Jokowi menyebut terdapat surplus. “Pak Gubernur menyampaikan jika ada surplus,” ucapnya. Meski begitu, Presiden Jokowi menekankan jika cadangan beras itu harus ada. Cadangan beras di Gudang Bulog Rawang Timur, Padang, sendiri masih banyak.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, adanya bantuan beras akan diberikan sebanyak masing-masing 10 kg untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) pada Desember 2023. Anggaran yang tambahan untuk bansos beras mencapai Rp2,67 triliun.

"Kita memberi tambahan untuk 1 bulan karena tiga bulan diputuskan Rp2,67 triliun (di Desember) kita tambahan untuk bantuan keluarga miskin," ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN Kita pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Sedangkan untuk bansos El Nino diberikan pada 18,8 KPM, di mana Kemenkeu menyediakan anggaran Rp7,52 triliun untuk BLT El Nino tersebut. Kemensos akan menjadi penyelenggara yang memberikan manfaat sebesar Rp200 ribu per bulan selama November hingga Desember 2023.

Bendahara negara ini menegaskan, APBN terus memposisikan sebagai instrumen yang responsif dan cukup fleksibel untuk menjaga dan perekonomian dari sisi daya beli. Kemenkeu juga menyiapkan kebijakan lainnya yakni percepatan penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan insentif di sektor perumahan. 

Salah satunya penambahan target bantuan rumah Sejahtera Terpadu (RST) sebanyak 1,8 ribu rumah di November-Desember dengan bantuan senilai Rp20 juta per rumah.