Presiden Jokowi dalam acara peluncuran KKP domestik dan QRIS antarnegara, Senin, 29 Agustus 2022
Nasional

Jokowi Kunjungi Tambang Grasberg, Erick: Presiden Pertama yang Rebut Freeport dari Asing

  • Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan ke lokasi tambang milik PT Freeport Indonesia yakni Tambang Grasberg pada Kamis, 1 September 2022

Nasional

Liza Zahara

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan ke lokasi tambang milik PT Freeport Indonesia yakni Tambang Grasberg pada Kamis, 1 September 2022.

Di sana, Jokowi bersama rombongan berkeliling ke dalam pertambangan Freeport serta mendengarkan pemaparan yang dilakukan pihak Freeport Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kunjungan presiden merupakan hal yang bersejarah karena menjadi presiden pertama Indonesia yang suskses mengakuisisi saham mayoritas milik tambang mas terbesar.

"Tentu saja, kunjungan ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri untuk kepentingan masyarakat," kata Erick dalam keterangan resmi, Kamis, 1 September 2022.

Kunjungan presiden tersebut juga dihadiri oleh Menteri Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam kunjungannya, Jokowi disambut oleh Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas dan salah satu komisaris yakni Richard Adkerson.

Dalam keterangan tersebut dijelaskan juga bahwa 100% sudah tidak ada lagi penambangan di Ertsberg dan Grasberg dan saat ini sedang dalam pengerjaan reklamasi dan maintain kestabilan lereng.