Presiden Joko Widodo melantik Direktur Utama Holding BUMN Pangan ID Food Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) di Jakarta pada hari ini, Senin, 21 Februari 2022.
Nasional

Jokowi Lantik Dirut ID Food Jadi Kepala Badan Pangan Nasional

  • Presiden Joko Widodo melantik Direktur Utama Holding BUMN Pangan ID Food Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (BPN)
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Direktur Utama Holding BUMN Pangan ID Food Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) di Jakarta pada hari ini, Senin, 21 Februari 2022.

Arief dilantik bersama dengan Andi Widjajanto yang diangkat sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).

Pelantikan Arief didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 7/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional, yang ditetapkan pada 21 Februari 2022.

Badan Pangan Nasional dibentuk Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2021 sebagai mandat dari Undang Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2012.

Dalam keterangannya, Arief menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia dalam mengemban tugas sebagai Kepala BPN.

Dia memaparkan bahwa pihaknya ke depan akan memperkuat sinergi dan kolabaroasi dengan para pemangku kepentingan di sektor pangan di tanah air.

Beberapa kementerian yang menjadi target kolaborasi Badan Pangan Nasional, kata dia, antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian.

Selain itu, dia juga mengajak kolaborasi dan kerja sama dari seluruh stakeholder pangan lainnya, asosiasi-asosiasi peternak, nelayan, dan petani untuk memperkuat kemandirian pangan nasional di masa  mendatang.

"Beberapa kegiatan Badan Pangan Nasional ke depan, sepertinya kita memang harus bersinergi, berkolaborasi dengan seluruh kementerian, lembaga, dan stakeholder pangan yang ada," katanya seperti dilihat di Youtube Sekretariat Presiden.

Dia menambahkan bahwa dalam memperkuat tata kelola pangan nasional dibutuhkan pula kerja sama dari komponen masyarakat.

“Tujuan mulia ini tidak akan bisa berhasil apabila hanya dikerjakan oleh Badan Pangan Nasional saja tentunya, sehingga hari ini mari kita bersatu untuk kemajuan masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Arief sebelumnya diangkat Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Dirut ID Food, holding BUMN Pangan yang dipimpin oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). Peluncuran holding tersebut dilaksanakan pada 12 Januari 2022 lalu.