Marthinus Hukom saat diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala BNN di Istana Negara, Jumat 8 Desember 2023
Nasional

Jokowi Lantik Eks Kepala Densus 88 Marthinus Hukom jadi Kepala BNN

  • Irjen Marthinus Hukom menggantikan posisi Komjen Petrus R Golose yang telah memasuki masa pensiun sejak 1 Desember 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Irjen Marthinus Hukom menggantikan posisi Komjen Petrus R Golose yang telah memasuki masa pensiun sejak 1 Desember 2023. Pelantikan Marthinus Hukom dilaksanakan di Istana Negara, Jumat 8 Desember 2023. 

“Keputusan Presiden Nomor 182/TPA Tahun 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Narkotika Nasional (BNN),” ucap Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam Surat Keputusan Presiden itu, Marthinus Hukom diangkat menjadi Kepala BNN terhitung sejak dirinya dilantik serta diberikan hak keuangan dan lainnya kepadanya setingkat menteri. Pembacaan keputusan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Presiden Jokowi. Marthinus menirukan sumpah yang dibacakan Presiden dengan didampingi rohaniwan.

“Demi Tuhan saya berjanji bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada Bangsa dan Negara. Bahwa saya dalam melaksanakan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya,” ucap Marthinus Hukom mengucapkan petikan sumpah.

Sebelum diangkat menjadi Kepala BNN, Marthinus Hukom sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kepala Detasemen Khusus 88 (Densus 88). Jabatan itu diembannya selama hampir tiga tahun lamanya sejak 1 Mei 2020.

Kabar pelantikan Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN diketahui dari Koordinator Staf Khusus Kepresidenan AAGN Ari Dwipayana. Dirinya memberikan informasi bahwa Presiden bakal melakukan pelantikan terhadap Kepala BNN yang baru serta mengambil sumpah terhadap Hakim MK yang lolos seleksi.

Ari Dwipayana mengatakan jika Keputusan Presiden terkait dengan pengangkatan Marthinus Hukom telah diteken oleh Presiden Jokowi sejak 29 November 2023. “Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pemberhentian Bapak Petrus Golose sebagai Kepala BNN, dan pengangkatan Bapak Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN yang baru,” kata Ari lebih lanjut.