Pelantikan Pejabat Negara Republik Indonesia, Istana Negara, 21 Februari 2024.
Nasional

Jokowi Lantik Hadi Sebagai Menko Polhukam dan AHY jadi Menteri ATR/BPN

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Sebagai tambahan, Jokowi juga mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang yang juga merangkap Badan Pertanahan Nasional.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. 

Sebagai tambahan, Jokowi juga mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang yang juga merangkap Badan Pertanahan Nasional.

Upacara pelantikan tersebut diselenggarakan dengan megah di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 Februari 2024. Penunjukan Hadi dan AHY sebagai menteri didasari oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengambil sumpah jabatan menteri yang dilantik.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Berbagai tokoh penting turut memenuhi ruangan saat pelantikan Hadi dan AHY, termasuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Tampak juga, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Turut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Kemudian Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Profil Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto mengambil alih posisi Mahfud Md yang secara resmi mengundurkan diri pada 2 Februari 2024. Sebelumnya, Hadi telah menjabat sebagai Menteri ATR/BPN, dan setelah perpindahan jabatan ini, posisi Menteri ATR kemudian diisi oleh AHY.

Sebelumnya, Hadi adalah seorang Purnawirawan TNI AU yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia mulai 15 Juni 2022.

Dilahirkan pada 8 November 1963, Hadi memiliki pengalaman yang kaya sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia dari tahun 2017 hingga 2021. Sebelum itu, dia juga menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara antara Januari 2017 dan Januari 2018.

Keberhasilan Hadi menjadi Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Djoko Suyanto mencerminkan dedikasi dan kualitasnya dalam dinas militer. Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.