<p>Ilustrasi kerusakan akibat gempa / istimewa</p>
Nasional

Jokowi Minta Perbaikan Rumah Terdampak Gempa Sulbar Dipercepat

  • JAKARTA – Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan perbaikan rumah masyarakat dan gedung pemerintahan yang rusah akibat gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Presiden Jokowi menyatakan pemerintah pusat juga akan membangun kembali gedung pemerintahan yang rusak setelah melakukan audit teknis. “Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah […]

Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan perbaikan rumah masyarakat dan gedung pemerintahan yang rusah akibat gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Presiden Jokowi menyatakan pemerintah pusat juga akan membangun kembali gedung pemerintahan yang rusak setelah melakukan audit teknis.

“Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah pusat akan ikut membantu, akan didata untuk yang rusak berat akan dapat bantuan sebesar Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, rusak ringan Rp10 juta,” kata Jokowi usai meninjau lokasi bencana, dikutip dalam siaran pers, Rabu, 20 Januari 2021.

Kehadiran Presiden Jokowi ke lokasi bencana gempa di Kabupaten Mamuju juga untuk memastikan proses evakuasi dan bantuan kepada masyarakat terkelola dengan baik. Presiden berharap bantuan pemerintah pusat dapat membantu pemulihan kegiatan ekonomi dan pemerintahan agar kembali normal.

Dalam kunjungannya kali ini, Presiden bersama Menteri PUPR Basuki meninjau kantor Gedung Gubernur yang roboh dan lokasi pengungsian di Stadion Manakarra, Mamuju.

Menteri Basuki menyatakan, untuk menjamin keamanan, semua bangunan akan diaudit teknis kelayakannya khususnya bangunan pemerintah dan perumahan yang masih berdiri.

“Audit bertujuan untuk menentukan masih layak atau tidak bangunan meskipun terlihat kasat mata sekilas masih bagus. Jika masih layak untuk digunakan, maka cukup direnovasi sedikit,” ujarnya.

Hasil audit akan menjadi data untuk program penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Sulbar.

Untuk melakukan penanganan tanggap darurat, Menteri Basuki telah menunjuk Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Bina Marga Thomas Setiabudi Aden sebagai komandan lapangan penanganan darurat bencana gempa di Sulbar.

Komandan lapangan akan mengkoordinir balai-balai teknis di lingkungan Kementerian PUPR di provinsi untuk melaksanakan penanganan tanggap darurat.