Penampakan LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas saat uji coba
Nasional

Jokowi Minta Studi Pembangunan LRT Hingga Bogor

  • Selain memperluas jaringan layanan, penuhnya penumpang LRT turut mendorong pembangunan kereta ringan tersebut diteruskan hingga Bogor.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong studi pembangunan Light Rapid Transit (LRT) yang menjangkau hingga Bogor. Para menteri, kepala lembaga, dan pemerintah daerah terkait mendapatkan tugas mengeksekusi arahan tersebut. 

Selain memperluas jaringan layanan, penuhnya penumpang LRT turut mendorong pembangunan kereta ringan tersebut diteruskan hingga Bogor.  “Saya minta segera distudi pembangunan LRT hingga ke Kota Bogor. Kalau kita lihat, LRT yang sekarang sudah penuh terus,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Negara, dikutip dari Antara, Rabu 27 September 2023.

Tidak hanya perluasan rute hingga ke Kota Bogor, Presiden memerintahkan pengkajian pembangunan LRT pada rute Kepala Gading hingga kawasan Manggarai, Jakarta. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku akan menindaklanjuti perintah presiden tersebut. 

Dalam ratas, Jokowi turut membahas integrasi moda transportasi yang telah ada, khususnya di kawasan Jabodetabek. Presiden Jokowi menginginkan optimalisasi keberadaan kereta MRT, kereta LRT, kereta cepat, Transjakarta, dan kereta bandara dengan melakukan integrasi bersama layanan taksi maupun ojek online.

Presiden Jokowi menyebut jika akan sangat bagus apabila masyarakat hanya membutuhkan satu kali pemesanan saja untuk dapat menggunakan moda transportasi mulai dari kereta, Transjakarta hingga ojek online sehingga mereka tidak perlu mencari-cari saat transit kala menuju tempat tujuan.

Integrasi tidak hanya dalam bidang moda transportasinya saja, namun juga pada sistem pembayaran. Presiden menginginkan agar satu alat pembayaran dapat berlaku bagi seluruh jenis moda transportasi. Guna menarik masyarakat berpindah pada transportasi publik, Presiden juga meminta untuk mengkaji mekanisme pembayaran langganan dan pemberian diskon. 

Tidak hanya integrasi, keberadaan infrastruktur penting supaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat. “Kita harus memastikan semuanya (infrastruktur penghubung) memiliki penerangan, memiliki lampu jalan, dan bisa melindungi dari hujan," kata Jokowi.

Dalam rapat tersebut Presiden Jokowi juga meminta jajarannya agar segera membangun infrastruktur penghubung transportasi seperti jembatan untuk mengkoneksikan Stasiun LRT (Light Rapid Transit) dan Stasiun Kereta Cepat di Halim, Jakarta.

Presiden Jokowi juga menyebut infrastruktur penghubung lainnya yang juga harus dibangun antara lain penghubung antara Stasiun Kereta Api Manggarai dengan layanan Transjakarta dan infrastruktur penghubung Stasiun Tanah Abang dengan Stasiun Dukuh Atas.