Nasional

Jokowi Resmikan Revitalisasi Stasiun Manggarai Tahap I

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengembangan atau revitalisasi Stasiun Manggarai Tahap I, Senin, 26 Desember 2022.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengembangan atau revitalisasi Stasiun Manggarai Tahap I, Senin, 26 Desember 2022.

Jokowi mengatakan Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun dengan lalu lintas kereta tersibuk di Indonesia.

"Setiap hari stasiun Manggarai melayani perhentian KRL Commuter Line tujuan Jakarta Kota, Tanah Abang dan Bekasi dengan lalu lintas dan penumpang yang sangat padat," ujarnya dilansir dari laman sekretariat Presiden pada Senin, 26 Desember 2022.

Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun sentral di Jakarta, dan termasuk bagian dari proyek double track Manggarai-Cikarang dengan penambahan jumlah jalur dari awalnya 7 jalur menjadi 14 jalur.

Dari 14 jalur tersebut, 10 jalur merupakan Kereta Api at grade atau konsep darat dan 4 jalur lainnya adalah jalur Kereta Api elevated atau melayang.

Menurut Jokowi, pengembangan stasiun ini sangat penting untuk meningkatkan frekuensi dan headway perjalanan kereta, serta meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat dari Jakarta ke kota-kota penyangga lainnya dan sebaliknya.

Stasiun ini juga telah terintegrasi dengan layanan kereta api bandara menuju bandara Soekarno-Hatta, serta moda transportasi yang lain seperti Transjakarta, ojol hingga bajaj.

Dengan adanya fasilitas yang semakin baik dan terintegrasi, harapannya dapat membuat mobilitas dan aktivitas masyarakat akan semakin lancar dan efisien serta masyarakat semakin senang menggunakan transportasi umum.