<p>Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Manado &#8211; Bitung / Pu.go.id</p>
Nasional

Jokowi Resmikan Ruas Tol Danowudu-Bitung di Sulawesi Utara

  • Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan ruas Tol Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer km).
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan ruas Tol Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer km).

Peresmian ruas Tol Danowudu-Bitung menandakan jalan Tol Manado-Bitung siap dioperasikan secara menyeluruh dengan total panjang jalan 39,8 km. Sebelumnya, ruas Tol Manado-Danowudu sudah diresmikan lebih dahulu pada 2020 dengan panjang 26 km. 

Presiden Joko Widodo mengatakan selesainya pembangunan jalan tol ini siap untuk dimanfaatkan dan mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.

“Keberadaan infrastruktur ini akan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dan sebaliknya menjadi 30-35 menit, lebih cepat dibandingkan waktu tempuh sebelumnya yang memakan waktu hingga 1,5-2 jam,” kata Joko Widodo dalam keterangan resmi, Jumat, 25 Februari 2022. 

Presiden Joko Widodo meyakini dengan adanya jalan Tol Manado-Bitung akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang dan orang dari Manado ke Bitung, Pelabuhan Internasional Bitung, dan nantinya ke kawasan ekonomi khusus (KEK) Likupang.

Hal tersebut tentunya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara dan sekitarnya. Dengan harapan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara bisa bisa melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Karena pada 2021 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara berada di atas ekonomi nasional. 

Kemudian, sebelum diresmikan oleh presiden, ruas Tol Danowudu-Bitung sudah melalui uji laik fungsi (ULF) pada awal Januari 2022. Lalu, mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.