<p>Formula E di Monaco </p>
Nasional

Jokowi: Sirkuit Formula E Siap Digunakan 4 Juni 2022

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan kesiapan sirkuit Formula E yang berada di Kawasan Ancol, Jakarta Utara.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan kesiapan sirkuit Formula E yang berada di Kawasan Ancol, Jakarta Utara. Ia menyebut bahwa proyek ini hanya tinggal mengejar pembangunan paddock dan grand stand saja.

“Ya saya ini ingin melihat persiapan Formula E seperti apa dan di lapangan seperti saya lihat saya kira untuk trek balapannya sudah siap,” ujar Presiden dikutip pada situs resmi Sekretariat Kabinet pada Selasa, 26 April 2022.

Dalam melakukan pemantauan, mantan Walikota Solo tersebut berkeliling melihat proyek pembangunan sirkuit. Selain itu, Jokowi turut berharap proyek pembangunan sirkuit tersebut dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga ikut menyatakan soal pembangunan lintasan balapan Formula E yang akan digelar pada 4 Juni 2022.

“Sekarang yang sedang dalam proses pembangunan adalah seperti kata Pak Presiden, paddock, grand stand, kemudian juga pagar. Nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar yang itu untuk pelindung. Nah itu semua yang nanti akan dikerjakan, sama persiapan untuk fasilitas bagi tamu-tamu yang menggunakan holding di sebelahnya. Tapi secara umum treknya sudah 100 persen selesai,” ujar Anies.

Seperti diketahui, Formula E merupakan ajang balap mobil listrik. Sirkuit Formula E memiliki lintasan sepanjang 2.400 meter dan lebar 12 kilometer yang terdiri dari 18 tikungan dan panjang trek lurus sejauh 527 meter. Sirkuit tersebut memiliki ciri khas yakni terdapat di beberapa tikungan dengan kemiringan yang memungkinkan setiap pembalap memiliki kecepatan yang lebih tinggi.