Presiden Joko Widodo
Nasional

Jokowi Soal Perang Israel-Palestina: Hentikan Segera!

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal konflik antara Palestina dengan Israel yang kembali memanas.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal konflik antara Palestina dengan Israel yang kembali memanas. Jokowi mendesak perang dan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh kedua pihak segera diakhiri. Hal itu guna mencegah timbulnya korban jiwa dan korban harta yang lebih banyak.

“Indonesia mendesak agar perang dan tindakan kekerasan segera dihentikan untuk mengindari bertambahnya korban manusia dan hancurnya harta benda,” kata Presiden Jokowi, dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Kepresidenan, Selasa, 10 Oktober 2023.

Presiden menyebut konflik dapat berdampak pada sisi kemanusiaan yang lebih besar. Ia meminta menteri luar negeri beserta jajarannya untuk mengambil langkah cepat untuk melindungi Warga Negera Indonesia (WNI) yang berada di kawasan konflik

“Saya minta kepada menteri luar negeri dan pihak terkait lain beserta jajarannya untuk mengambil langkah melindungii WNI di wilayah konflik,” ujarnya.

Presiden Jokowi menyatakan pendudukan Palestina oleh Israel harus diselesaikan dengan cepat sesuai parameter yang disepakati Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). “Harus segera diselesaikan,” tegas Jokowi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melakukan komunikasi dengan sejumlah negara dan organisasi internasional untuk mengehentikan konflik tersebut. Hal itu sebagaimana dikatakan Juru Biacara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal, dikutip dari Antara, Selasa 10 Oktober 2023.

Kemenlu juga telah melakukan sederet koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo dan Beirut guna melakukan evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di kawasan konflik tersebut. “Diminta para WNI untuk segera meninggalkan wilayah tersebut,” ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha.

Selain itu, Kemlu juga menghimbau kepada WNI lainnya yang hendak memiliki agenda ke kedua wilayah tersebut untuk wisata atau hal lainnya agar menunda hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Selain itu bagi WNI yang berada di kawasan konflik dan sekitarnya agar lebih aktif berkoordinasi dengan perwakilan RI di kawasannya.

Sebelumnya Hamas, Kelompok Islamis Palestina, mengejutkan Israel dengan meluncurkan serangan yang luar biasa. Serangan Hamas yang merusak kota-kota Israel pada Sabtu, 7 Oktober 2023 merupakan serangan terbesar sejak serangan yang dilancarkan Mesir dan Suriah dalam Perang Yom Kippur 50 tahun yang lalu. 

Serangan ini telah mengancam untuk memicu konflik yang berlarut-larut dalam konflik yang sudah berlangsung lama. Dilaporkan, lebih dari 1.000 individu telah terkena dampak konflik Israel-Palestina, termasuk tentara dan warga sipil.