Presiden RI Joko Widodo (kanan) bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di G20 Indonesia beberapa waktu lalu.
Dunia

Jokowi Undang Joe Biden ke KTT ASEAN September

  • Presiden Joko Widodo siap mengundang Presiden Amerika Serikat (AS) pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, 5-7 September 2023.

Dunia

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—Presiden Joko Widodo siap mengundang Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta, 5-7 September 2023. Presiden menargetkan seluruh persiapan, termasuk undangan-undangan ke kepala negara, beres bulan depan. 

Dalam keterangan resmi, Selasa 8 Agustus 2023, Jokowi mengonfirmasi undangannya pada Joe Biden. Presiden menyebut hingga kini masih menunggu jawaban dari Negeri Paman Sam. “Konfirmasi kedatangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden masih proses,” ujarnya. 

Dalam KTT ASEAN, Jokowi berencana meletakkan pondasi yang kuat bagi ASEAN untuk menghadapi tantangan global hingga mampu memegang peran sentral. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan persiapan menuju KTT ke-43 ASEAN terus digeber. 

Salah satunya melalui dokumen-dokumen akhir yang akan disetujui dalam hari terakhir KTT. Pihaknya telah menggelar pertemuan dengan pejabat senior selama sepekan penuh di Bali untuk menyelesaikan hal tersebut. Menurut Retno, proses negosiasi terkait dokumen akhir KTT ASEAN ke-43 dalam koridor yang tepat. 

Pihaknya bakal memberi arahan media tentang apa yang dihasilkan dalam KTT mendekati pelaksanaan pada awal September nanti. Sebagai informasi, KTT rencananya akan membahas peningkatan kerja sama ASEAN dengan negara di luar kawasan.

Sejumlah isu regional seperti Laut China Selatan, Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone, maritim, hingga Myanmar juga bakal dibahas. Acara bakal diikuti perwakilan Amerika Serikat, China, Australia, India, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Kanada, serta Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).