Jonatan Christie.
Gaya Hidup

Jonatan Christie Mundur dari Badminton Asia Championships 2023

  • Jojo, sapaan akrabnya, menyusul Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang mundur karena cedera.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Jonatan Christie memutuskan mundur dari Badminton Asia Championships (BAC) 2023 karena kendala kesehatan. Jojo, sapaan akrabnya, menyusul Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang mundur karena cedera. 

Mundurnya Jonatan Christie dalam ajang BAC 2023 dikonfirmasi PBSI. “Jonatan mundur dari Badminton Asia Championships 2023 karena sakit,” cuit PBSI dalam Twitter resmi mereka dikutip Rabu, 26 April 2023.

Jojo sejatinya digadang-gadang merebut gelar dalam ajang yang dihelat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) itu. 

Informasi yang dihimpun TrenAsia, Jonatan Christie mengalami infeksi darah yang membuatnya muntah-muntah jelang laga perdananya di BAC. Sang pemain sendiri masih berlatih pada Selasa 25 April 2023 sebelum mengalami perubahan kondisi drastis pada sore harinya. 

Jonatan yang kini menempati peringkat kedua dunia menjadi unggulan pertama pada BAC 2023. Pada babak pertama, Jojo sejatinya bakal melawan pemain kuat Shi Yuqi. Jonatan sejauh ini unggul 6-4 dari 10 pertemuan melawan pebulutangkis China tersebut. 

Dengan mundurnya Jojo, Indonesia kini tinggal menaruh harapan pada dua pemain di tunggal putra yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Ginting yang menjadi unggulan kedua BAC 2023 akan menghadapi pemain Taiwan, Wang Tzu Wei, di babak awal. Sedangkan Chico akan menghadapi Dmitriy Panarin (Kazakhstan).  

Di sektor ganda campuran, andalan Indonesia juga berkurang setelah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati memutuskan mundur saat berlaga di babak pertama melawan Chang Ko Chi/Lee Chih Chen (Taiwan). Rehan mengalami masalah pada otot perut dan pinggangnya. Saat itu skor 18-21, 21-15, 11-6 untuk keunggulan pasangan Taiwan.  

Pelatih ganda campuran, Amon Sunaryo, mengatakan Rehan tidak dalam kondisi 100% fit saat berlaga di BAC 2023. Rehan diketahui mengalami masalah otot sebelum berangkat. “Tadi coba dipaksa bermain tapi memang sangat terbatas pergerakannya. Tidak bisa melakukan smes. Di gim ketiga sakitnya mungkin sudah tidak bisa ditahan jadi kami putuskan mundur,” ucap Amon dikutip dari pbsi.id.