<p>Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi kesiapan uji klinis fase 3 calon vaksin COVID-19 di Bandung, Selasa, 4 Agustus 2020/ Bumn.go.id</p>

Joss.. Erick Thohir Pastikan Bio Farma Siap Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Setahun

  • BUMN Farmasi Bio Farma telah memproduksi vaksin sejak 1890 dan dipercaya lebih dari 150 negara dalam memproduksi 15 jenis vaksin, dengan pangsa pasar 75% vaksin polio yang menyebar di seluruh dunia.

Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

BANDUNG – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan PT Bio Farma (Persero) mampu memproduksi vaksin COVID-19 sebanyak 250 juta dosis per tahun pada akhir 2020.

Kepastian tersebut disampaikan Erick saat mengunjungi kesiapan uji klinis fase 3 calon vaksin COVID-19 hasil kolaborasi bersama perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac Biotech Ltd..

“Hari ini saya memastikan Bio Farma saat ini sudah siap memproduksi 100 juta dosis vaksin COVID-19 per tahun dan di akhir tahun siap memproduksi 250 juta dosis per tahun,” kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Selasa, 4 Agustus 2020.

Guna mengakselarasi penanganan pandemi, Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional fokus pada melipatgandakan ketersediaan vaksin dan terapi pengobatan.

Produksi Indonesia

Oleh karenanya, Erick memercayakan produksi vaksin Bio Farma atas dasar rekam jejaknya sebagai produsen vaksin.

“Mari kita percaya atas kemampuan bangsa sendiri. Jangan ragukan kemampuan Bio Farma yang sudah teruji,” kata dia.

Erick menargetkan untuk optimalisasi uji klinis dan produksi vaksin COVID-19 agar tahun depan vaksin siap digunakan untuk imunisasi masyarakat.

Meski optimis vaksin akan segera diproduksi, Erick menegaskan bahwasannya masyarakat tetap harus selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Bila mau beraktifitas, baik bekerja atau berolahraga, jangan pernah lupa untuk 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tegas Erick.

Sebagai informasi, BUMN Farmasi Bio Farma telah memproduksi vaksin sejak 1890 dan dipercaya lebih dari 150 negara dalam memproduksi 15 jenis vaksin, dengan pangsa pasar 75% vaksin polio yang menyebar di seluruh dunia.

Bio Farma juga telah menjamin kehalalan produknya dan sudah digunakan di beberapa negara Timur Tengah. (SKO)