Jeff Bezos
Dunia

Jual Rp62 T Saham Amazon, Jeff Bezos Belum Salip Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

  • Jeff Bezos baru saja menjual saham Amazon senilai US$4 miliar atau setara Rp62,31 triliun (Asumsi kurs Rp15.578)
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Jeff Bezos baru saja menjual saham Amazon senilai US$4 miliar atau setara Rp62,31 triliun (Asumsi kurs Rp15.578). Namun, ia masih belum bisa salip Elon Musk sebagai orang paling kaya di dunia. 

Untuk mengungguli Elon Musk, Bezos masih harus mengumpulkan kekayaan kurang lebih US$10 miliar atau setara Rp155,78 triliun.

Dikutip TrenAsia.com dari Inc.com, pada tanggal 9 Februari, Bezos mengumumkan bahwa dia telah menjual hampir 12 juta saham Amazon senilai total US$2,04 miliar atau setara Rp31,75 triliun. Beberapa hari kemudian, pada 13 Februari, dia melaporkan penjualan tambahan 12 juta saham senilai US$2,08 miliar atau setara Rp32,48 triliun.

Baca Juga: Jeff Bezos Pionir Revolusi E-Commerce, Ini 5 Kontroversi Sang Founder Amazon

Meskipun telah menjual sejumlah saham, Bezos masih memiliki 964.256.421 saham Amazon, dengan nilai yang fantastis yaitu  US$163,6 miliar atau setara Rp2,55 kuadriliun. 

Langkah Bezos ini dikabarkan membuatnya semakin mendekati posisi Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia; menurut daftar miliarder Bloomberg, kekayaan bersih Bezos saat ini mencapai US$193 miliar atau setara Rp3 kuadriliun, sedangkan Musk memiliki US$202 miliar atau setara Rp3,15 kuadriliun.

Tentang penggunaan uang yang baru saja diperoleh, laporan tahunan Amazon menyatakan bahwa pada November, Bezos membuat rencana untuk menjual hingga 50 juta saham Amazon sebelum 31 Januari 2025. 

Dalam wawancara di televisi, Bloomberg memprediksi bahwa sebagian besar uang tersebut akan digunakan untuk tujuan filantropi, mengacu pada tahun 2020 dan 2021 ketika Bezos menjual saham Amazon senilai sekitar US$20 miliar dan sebagian besar disumbangkan.

Baca Juga: Fakta Unik Meja Kerja Jeff Bezos yang Telah Digunakan Sejak Tahun 90-an

Pada November 2022, Bezos menyatakan kepada CNN bahwa dia bermaksud untuk memberikan sebagian besar kekayaannya selama sisa hidupnya, terutama untuk mendukung The Bezos Earth Fund, di mana dia berkomitmen untuk menyumbangkan US$10 miliar untuk melawan perubahan iklim.

Namun, perlu dicatat bahwa Bezos memiliki beberapa proyek pribadi, termasuk perusahaannya di bidang kedirgantaraan, Blue Origin. Bezos juga telah lama berinvestasi dalam The Clock, sebuah jam mekanis raksasa yang dibangun di dalam gunung di barat Texas dan dirancang untuk beroperasi sendiri selama 10 ribu tahun. Bezos sudah menginvestasikan US$42 juta ke dalam proyek ini, meskipun belum ada perkiraan kapan proyek tersebut akan selesai.