<p>Produk Juara Snack/ Sumber: Dokumentasi Juara Snack</p>
Industri

Juara Snack, Kisah Sukses Digitalisasi Bisnis Camilan

  • JAKARTA – Kisah sukses adanya digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) datang dari pemilik Juara Snack, Fitria Hadiah. Sejak menjual dagangannya secara daring (online) akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bisnis Fitria melesat hingga menambah karyawan hingga 20 orang. “Selama masa pandemi ini, jumlah pesanan pesanan produk Juara Snack meningkat sangat pesat. Meningkat dari […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Kisah sukses adanya digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) datang dari pemilik Juara Snack, Fitria Hadiah.

Sejak menjual dagangannya secara daring (online) akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bisnis Fitria melesat hingga menambah karyawan hingga 20 orang.

“Selama masa pandemi ini, jumlah pesanan pesanan produk Juara Snack meningkat sangat pesat. Meningkat dari 100-200 pesanan harian hingga menjadi 1,000 pesanan harian,” kata Fitria dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, Fitria menyuplai produk ke toko camilan offline di daerah Mampang, namun bisnisnya berada di ambang kebangkrutan. Sejak itu, Fitria menganalisis adanya pergeseran gaya konsumen dalam berbelanja secara daring.

Peran Marketplace

Kini, Fitria mengakui 80% pesanan dagangannya berasal dari e-commerce. Banyaknya konsumen daring ini tidak lepas dari hasil riset, analisis, dan strategi Fitria branding Juara Snack hingga laris manis di pasar digital.

Lazada, salah satu e-commerce di Indonesia juga mencatat kenaikan pencarian produk makanan ringan. Tingginya trafik tentu berdampak cukup besar bagi UMKM yang menjual camilan seperti Juara Snack.   

Fitria mengungkapkan bahwa saat ini Juara Snack telah mencapai Level 7 untuk kategori sellers, yang umumnya dicapai oleh sellers lain yang menjual gadget atau brand-brand besar lainnya. 

Dengan interface yang lebih mudah dan disesuaikan melalui fitur customization bagi para sellers, Fitria pun semakin bersemangat untuk mencari strategi baru dan mengubah tampilan tokonya agar konsumen semakin tertarik untuk belanja di Juara Snack.

Dia pun mengakui, tim customer service Lazada sangat aktif memantau perkembangan bisnis Juara Snack. Fitria kerap dihubungi dan diingatkan untuk menambah produk dan mempercantik tampilan tokonya.

“Kami menyediakan dukungan untuk jasa fotografi untuk produk, mendekorasi toko, berbagai promo menarik, influencer untuk Lazlive, serta dukungan penuh dari tim customer service Lazada,” ujar Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement.

Dengan berbagai inovasi tersebut, Haikal berharap Lazada dapat membantu UMKM mengembangkan usaha dan memperluas pasa. Bahkan, UMKM didorong membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang, terutama di masa yang penuh tantangan seperti sekarang ini.