Warga melakukan pengisian bahan bakar kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), di kawasan Kuningan.
Nasional

Jumlah Pemudik Diprediksi Capai 85,5 Juta Jiwa, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman

  • Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub), total jumlah pemudik pada lebaran tahun ini diprediksi mencapai 85,5 juta jiwa dengan jumlah kendaraan mobil yang beredar sebanyak 33 juta mobil.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub), total jumlah pemudik pada lebaran tahun ini diprediksi mencapai 85,5 juta jiwa dengan jumlah kendaraan mobil yang beredar sebanyak 33 juta mobil.

Menanggapi hal itu, PT Pertamina (Persero) (Pertamina) memastikan bahwa pasokan BBM (bahan bakar minyak) hingga LPG (Liquified Gas Petroleum) tetap aman selama momentum hari raya Idulfitri.

“Meski akan ada lonjakan jumlah pemudik, seluruh pekerja Pertamina mulai dari hulu, kilang, perkapalan, pemasaran hingga gas bekerja bersama untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik" kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangan pers dikutip Rabu, 27 April 2022.

Untuk memantau ketersediaan pasokan, perusahaan kini memanfaatkan teknologi melalui sistem IEDCC (Integrated Enterprise Data and Center Command) yang dapat melihat secara real time seluruh proses penyaluran yang dilakukan, mulai dari upstream, kilang, perkapalan terminal hingga ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

Adapun berdasarkan pantauan satuan tugas Ramadan-Idulfitri (Satgas RAFI) Pertamina 2022, kebutuhan akan produk Gasoline atau bensin diperkirakan akan meningkat sebesar 11% dibandingkan tahun lalu. Sedangkan produk Gasoil atau solar, pengingkatannya diprediksi mencapai 24% menjadi 44 ribu Kilo Liter (KL) per hari.

Menurut Pertamina, puncak kenaikan konsumsi bensin akan terjadi mulai H-1 hingga H+5 lebaran. Sementara untuk prdouk diesel, konsumsinya diprediksi justru akan menurun karena adanya pembatasan truk besar pada H-4 hingga H+7 hari raya.

Pada jumlah stok ketersedian produk BBM menjelang lebaran, Pertamina menerangkan untuk BBM Pertalite adalah sebanyak 1,3 juta KL, Pertamax 720 ribu KL, Dexlite 4.600 KL, Pertamina Dex 77 ribu KL, dan Pertamina Turbo sebanyak 41 ribu KL.