Logo Whoosh pada body kereta cepat
Transportasi dan Logistik

Jumlah Penumpang Per Hari Kereta Cepat Whoosh Sentuh 14.200 Orang

  • Sekitar 165 ribu tiket kereta cepat Whoosh telah terjual untuk perjalanan dari 17 Oktober hingga 4 November 2023.

Transportasi dan Logistik

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan bahwa jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh mencapai lebih dari 14 ribu orang per hari sejak 17 hingga 31 Oktober 2023.

"Rata-rata okupansi penumpang pada setiap rangkaian yang beroperasi mencapai 85% sampai dengan 99% untuk setiap perjalanan, dengan angka penumpang tertinggi mencapai sekitar 14.200 per hari," ujar Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangannya pada Rabu, 1 November 2023 di Jakarta seperti dilansir Antara.

Dwiyana mengungkapkan data per 1 November, menyatakan sekitar 165 ribu tiket kereta cepat Whoosh telah terjual untuk perjalanan dari 17 Oktober hingga 4 November 2023. Dari jumlah tiket tersebut, sekitar 134 ribu penumpang telah berangkat pada periode 17 hingga 31 Oktober 2023. Dwiyana menyampaikan evaluasi secara berkala terus dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang memilih Kereta Cepat Whoosh sebagai moda transportasi pilihannya.

Pada awal operasional berbayar, Kereta Cepat Whoosh melakukan 14 perjalanan setiap harinya. Namun, mulai 1 November 2023, jumlah perjalanan tersebut telah ditingkatkan menjadi 28 perjalanan setiap harinya. Menurut Dwiyana, peningkatan tersebut merupakan tonggak penting bagi KCIC dalam menyediakan layanan transportasi yang cepat, andal, dan berkelanjutan.

KCIC sendiri berkomitmen untuk menjaga keandalan sarana dan prasarana demi keselamatan penumpang. Dwiyana memastikan seluruh sarana dan prasarana dalam kondisi operasional yang optimal.

"Seluruh prasarana mulai dari jalur, pensinyalan, kelistrikan, akan dijaga dengan standar tertinggi untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang. Kami telah melakukan pengetesan dan pemeliharaan yang ketat untuk menjamin keandalan operasi," ujar Dwiyana.

Dwiyana menekankan pengoperasian kereta cepat Whoosh akan dikelola dengan optimal guna menjaga tingkat ketepatan waktu keberangkatan yang mencapai rata-rata 99,5% pada bulan Oktober. 

Lebih dari 78 personil akan disiapkan untuk memberikan layanan yang ramah kepada penumpang sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, lebih dari 200 orang yang bertugas di stasiun, termasuk station master, supervisor, petugas peron, loket, dan kebersihan, juga akan berusaha memastikan bahwa seluruh penumpang menerima layanan terbaik.