<p>Nampak seorang pelanggan tengah melakukan transaksi melalui aplikasi Tokopedia dengan promo pengantaran dari aplikasi Gosend, PT Gojek Indonesia dan PT Tokopedia dikabarkan tengah mencari kesepakatan untuk melakukan merger. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Fintech

Jumlah Transaksi Melejit 41 Persen Berkat e-Commerce, GoSend Terus Kembangkan API

  • GoSend mencatat jumlah  transaksi dari top partners seperti platform e-commerce, platform telemedik, meningkat 41% pada semester I-2021 dibandingkan dengan 2020
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Bisnis ekspedisi dan jasa pengiriman memang berkembang pesat seiring dengan pesatnya penetrasi transaksi di e-commerce

Buktinya, GoSend mencatat jumlah  transaksi dari top partners seperti platform e-commerce, platform telemedik, meningkat 41% pada semester I-2021 dibandingkan dengan 2020. Pada periode yang sama pengguna layanan GoSend oleh UMKM juga naik dua kali lipat.

Untuk itu, inovasi perlu diterapkan pada layanan logistik guna memudahkan konsumen melakukan pengiriman barang dan di saat sama mendukung para pelaku bisnis dan social seller untuk bertahan dan tetap tumbuh di masa pandemi.

Salah satunya adalah pengembangan GoSend API (integration application interface), yang mengintegrasikan layanan GoSend dengan platform mitra bisnis sehingga menghadirkan layanan pengiriman yang handal, cepat, dan mudah.

“Penguatan dan pengembangan integrasi API GoSend membuat layanan instant dan same day delivery menjadi pilihan pelaku usaha dan pengguna. GoSend API saat ini sudah dimanfaatkan oleh ribuan partner dan jutaan penjual,” Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek dalam konferensi pers, Rabu 27 Oktober 2021.

GoSend juga akan segera meluncurkan fitur GoSend Multidrop yang memberi kesempatan bagi para pengguna untuk mengirim beberapa paket sekaligus dengan hanya sekali ambil. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengatur paket mana yang harus dikirimkan terlebih dahulu.

Agar ongkos kirim lebih hemat sampai dengan 30%, pengguna dapat memanfaatkan fitur rekomendasi urutan pengantaran yang disediakan.