Ilustrasi suku bunga The Fed.
Ekonomi Global

Jumlah Utang meningkat, The Fed Bakal Borong Obligasi

  • WASHINGTON- Meningkatnya jumlah utang AS di beberapa tahun mendatang diprediksi akan memaksa Federal Reserve untuk kembali membeli obligasi dalam jumlah besar l
Ekonomi Global
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

WASHINGTON - Meningkatnya jumlah utang AS di beberapa tahun mendatang diprediksi akan memaksa Federal Reserve untuk kembali membeli obligasi dalam jumlah besar lagi. Sebagaimana ditulis direktur pelaksana di Crossborder Capital, Michael Howell di Financial Times, Senin, 3 Juli 2023, Ia memperkirakan bahwa bank sentral harus meninggalkan rencana pengetatan kuantitatifnya.

Menurut Howell,  hal ini akan memutar kembali stimulus sebelumnya dengan menyusutkan neraca Fed. Sebaliknya, Fed akan kembali ke skema pelonggaran kuantitatif, mengangkat saham dalam prosesnya, tambahnya.

"Oleh karena itu, investor harus mengharapkan penarik berkelanjutan dari likuiditas global alih-alih angin sakal parah tahun lalu. Ini seharusnya terbukti baik untuk saham, tetapi kurang positif bagi investor obligasi," kata Howell.

Ia menambahkan, meskipun perkiraan aliran dana membayangi , siklus likuiditas telah melewati titik terendah dan akan cenderung naik selama beberapa tahun mendatang. Lebih lanjut, Howell mencatat bahwa Fed dan bank sentral lainnya awal tahun ini menanamkan likuiditas ke dalam sistem keuangan global selama gejolak perbankan musim semi ini yang disebabkan oleh runtuhnya Silicon Valley Bank.

"Tapi di tahun-tahun mendatang mereka mungkin harus menyelamatkan pemerintah yang terbebani utang juga," tambahnya.

Menurut Howell, sekitar tujuh dari setiap delapan dolar yang mengalir melalui pasar global saat i i telah digunakan untuk pembiayaan kembali utang. Dan dari dolar yang tersisa, porsi yang tumbuh akan digunakan untuk memperluas defisit pemerintah.

Ia mengatakan ini terjadi karena ekonomi maju dihadapkan pada tekanan baru untuk memperluas belanja publik karena fokus baru pada persyaratan militer dan perubahan demografi membebani anggaran.

"Dalam dunia dengan utang yang berlebihan, neraca bank sentral yang besar adalah suatu keharusan.  Pelonggaran kuantitatif akan kembali. Kumpulan likuiditas global yang kami perkirakan berjumlah  sekitar US$170 triliun  tidak akan menyusut secara signifikan. dalam waktu dekat," tulisnya.

Target Kenaikan Neraca Terlalu Rendah

Sebelumnya, menurut perkiraan Kantor Anggaran Kongres yang dikutip oleh Howell, kepemilikan Departemen Keuangan Fed harus naik menjadi US$7,5 triliun pada tahun 2033 dari hampir US$5 triliun saat ini. Tapi menurutnya perkiraan itu terlalu rendah.

"Angka yang lebih realistis menunjuk pada kepemilikan Fed Treasury minimal US$10 triliun. Itu berarti pro rata menjadi dua kali lipat dari ukuran neraca saat ini US$8,5 triliun dan akan berarti beberapa tahun pertumbuhan dua digit dalam likuiditas Fed.

Howell mengatakan ada beberapa alternatif untuk pelonggaran kuantitatif atau QE. Salah satunya adalah  Pemerintah dibatasi dalam persyaratan pengeluaran wajib tertentu, seperti pengeluaran hak, dan basis pajak yang ada tidak dapat ditekan lebih jauh.