Keren! MV Seven Jungkook BTS Raih Jumlah Views 24 Jam Tertinggi dari Semua MV Solo K-Pop Pria
Hiburan

Jungkook BTS Sukses Nangkring di Posisi 10 Teratas di Chart Lagu Global IFPI 2023

  • Keberhasilan ini membuat Jungkook menjadi satu-satunya artis Korea yang masuk dalam sepuluh besar, bersaing dengan lagu-lagu populer seperti "Flowers" milik Miley Cyrus yang menduduki peringkat pertama, "Kill Bill" milik SZA di peringkat ke-3, dan "As It Was" milik Harry Styles di peringkat ke-5.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kabar baik datang dari Jungkook, anggota K-pop terkenal BTS, yang berhasil masuk dalam sepuluh besar chart lagu global International Federation of the Phonographic Industry  (IFPI) tahun 2023.

Jungkook menempati posisi ke-10 di chart tersebut dengan lagu solo debutnya yang berjudul "Seven," menurut informasi dari situs web IFPI, yang mewakili industri rekaman secara global.

Keberhasilan ini membuat Jungkook menjadi satu-satunya artis Korea yang masuk dalam sepuluh besar, bersaing dengan lagu-lagu populer seperti "Flowers" milik Miley Cyrus yang menduduki peringkat pertama, "Kill Bill" milik SZA di peringkat ke-3, dan "As It Was" milik Harry Styles di peringkat ke-5.

IFPI, yang memiliki lebih dari 8.000 label rekaman di seluruh dunia sebagai anggotanya, menyusun chart ini berdasarkan data dari streaming berlangganan, unduhan trek tunggal, dan faktor-faktor lainnya.

Prestasi Jungkook dalam sepuluh besar ini sangat bersejarah karena ia menjadi solois Korea pertama yang mencapai pencapaian ini dalam 11 tahun setelah Psy, seperti yang diumumkan oleh agensinya, BigHit Music.

Psy, yang membuka jalan bagi BTS, mencatatkan nama mereka dalam chart pada tahun 2012. BTS kemudian melanjutkan dengan prestasi serupa pada tahun 2020 dengan "Dynamite" dan pada tahun 2021 dengan "Butter."

Lagu "Seven" milik Jungkook debut di peringkat pertama di chart lagu utama U.S. Billboard Hot 100 sejak dirilis pada bulan Juli tahun lalu. Tak hanya itu, lagu ini juga mencapai peringkat ke-3 di chart British Official Singles Top 100, membuktikan popularitas globalnya yang terus meningkat.

Prestasi membanggakan Jungkook terus berdatangan silih berganti. Sebelumnya, penyelenggara People’s Choice Award mengumumkan bahwa Jungkook, memenangkan penghargaan "Artis Pria" di ajang bergengsi tersebut. 

Untuk diketahui, People’s Choice Awards telah menjadi tradisi yang digelar secara rutin sejak tahun 1975 untuk memberikan pengakuan kepada seniman dan entertainer berbakat. Cakupannya juga luas di berbagai bidang seperti film, televisi, dan musik. Pemenangnya dipilih oleh masyarakat dan penggemar melalui proses pemungutan suara.

Pencapaian ini menandai pertama kalinya seorang artis Asia meraih penghargaan tersebut. Jungkook mencapai kesuksesan dengan album solo pertamanya, "Golden," yang dirilis pada November 2023. 

Album ini sukses menduduki posisi kedua di tangga lagu Billboard. Data dari Hanteo Chart menunjukkan bahwa "Golden" mencatat penjualan album fisik terbesar dalam satu pekan setelah tanggal rilisnya yaitu 2,4 juta keping. 

Saat ini, Jungkook sedang menjalani tugas militer, sesuai dengan kebijakan wajib militer di Korea Selatan, di mana setiap pria yang mampu secara fisik diwajibkan untuk menjalani dinas militer selama setidaknya 18 bulan.