<p>Gedung Citra Marga Nusaphala Persada. / Citramarga.com</p>
Korporasi

Jurus Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Implementasi LST Untuk Bisnis Berkelanjutan

  • PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk menyadari pentingnya keberlanjutan bisnis dimana dalam menjalankannya dibutuh kan tanggung jawab yang meliputi tiga aspek yaitu ESG (Environmental, Social & Governance).
Korporasi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk menyadari pentingnya keberlanjutan bisnis dimana dalam menjalankannya dibutuh kan tanggung jawab yang meliputi tiga aspek yaitu ESG (Environmental, Social & Governance).

Perseroan fokus mengedepankan aspek lingkungan dan sosial, selain juga tata kelola yang menjadi kriteria ESG. Di aspek sosial misalnya, perusahaan fokus pada penguatan program pelatihan dan pendidikan karyawan serta CSR.

Sementara di aspek lingkungan, perseroan fokus melakukan efisiensi konsumsi listrik, meningkatkan sistem manajemen atau pengelolaan limbah serta melakukan konservasi air.

Aspek Sosial

Dengan mengimplementasikan prinsip–prinsip yang memuat aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Perseroan menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) demi mendukung upaya ESG.

Guna mendukung program CSR, selama tahun 2021 perseroan telah mengalokasikan dana sebesar Rp2,9 miliar. Untuk kegiatan CSR dengan penekanan pada bidang sosial, bidang ekonomi, dan bidang lingkungan.

Dalam aspek sosial sepanjang 2021, perseroan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19. Selain itu bagi warga sekitar yang terdampak juga diberikan kesempatan lapangan pekerjaan di Perseroan dan Grup.

Selain itu melakukan pengelolaan Ketenagakerjaan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk meminimalkan terjadinya pelanggaran terhadap hak asasi manusia dalam hubungan kerja.

Perseroan juga melakukan proses remunerasi diberikan kepada karyawan cukup kompetitif di antaranya berupa gaji bulanan dan tunjangan hari raya. Selama 2021 total biaya remunerasi karyawan adalah sebesar Rp107 miliar.

Lalu karyawan diberikan penguatan kompetensi dan skill melalui pelatihan sesuai dengan kebutuhan unit kerja, bidang kerja, penguatan tata-nilai, etika dan budaya perusahaan serta standarisasi profesi. Tak ketinggalan pada 2021 perserian melakukan safari ramadan bersama masyarakat sekitar.

Aspek Lingkungan

Lalu di sisi lingkungan, perseroan menerapkan pengembangan desain bangunan ramah lingkungan yang mengutamakan efisiensi energi listrik dengan menyuplai energi dari PLN dengan daya sebesar 625 kVa dan sumber listrik cadangan berupa 2 unit generator set dengan kapasitas 160 kVa (untuk pompa air) dan 550 kVa (untuk operasional kantor).

Tak lupa perseroan dalam melakukan aktivitas operasional dalam penggunaan air, membuat cone block atau bahan porous untuk menutup halaman gedung sehingga ketika hujan turun dapat meresap ke dalam tanah.

Perseroan bertanggung jawab atas pengelolaan limbah cair dan Limbah B3 dengan sistem pengolahan limbah cair menggunakan Sewage Treatment Plant (STP)dengan sistem Biotech-Series yang kemudian air yang telah diproses selanjutnya dapat digunakan untuk menyiram tanaman vegetasi yang ada di lingkungan perseroan.