Jurus Jitu BCA dan Plasticpay Kurangi Sampah Botol Plastik
Perbankan

Jurus Jitu BCA dan Plasticpay Kurangi Sampah Botol Plastik

  • Bank BCA bersama dengan Plasticpay berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan  menyediakan mesin penukaran botol plastik atau Reverse Vending Machine (RVM) di sejumlah event yang dihadiri khalayak.
Perbankan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Bank BCA bersama dengan Plasticpay berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan  menyediakan mesin penukaran botol plastik atau Reverse Vending Machine (RVM) di sejumlah event yang dihadiri khalayak. 

Plasticpay merupakan gerakan sosial berbasis platform digital, untuk mengajak masyarakat untuk secara kolektif mengumpulkan sampah plastik, yang kemudian akan didaur ulang menjadi eco friendly fibers sebagai bahan dasar produk-produk ramah lingkungan. 

Sampah botol plastik yang dikumpulkan juga bisa ditukarkan oleh pengunjung menjadi Plasticpay Point, melalui aplikasi Plasticpay. Plasticpay Point ini nantinya dapat dikonversikan menjadi pundi-pundi rupiah ke rekening bank, dompet elektronik, hingga pulsa, dan donasi.

Dikutip dari keterangan resmi, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, "BCA menggandeng Plasticpay untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik dari pengunjung. Upaya ini selaras dengan komitmen Bakti BCA, khususnya melalui pilar Bakti Lingkungan, untuk senantiasa berkontribusi positif terhadap pelestarian alam dan lingkungan.”

Lebih lanjut Hera berharap terobosan ini dapat mengurangi jumlah sampah plastik sekaligus mengedukasi bahwa mengelola sampah dapat bernilai ekonomi.

"Kolaborasi Bakti BCA dan Plasticpay ini diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik, sekaligus mempromosikan nilai ekonomi sirkular kepada masyarakat. Kami ingin sedikit mengedukasi kepada masyarakat, bahwa menjaga lingkungan pun dapat bernilai ekonomi," tambah Hera.

Sukses di Sejumlah Event 

Terbaru BCA menyediakan mesin Reverse Vending Machine (RVM) di beberapa titik dalam acara BCA Expo 2023 di ICE BSD.

Antusiasme pengunjung BCA Expo 2023 terlihat dari antrean penukaran sampah plastik yang mengular di beberapa kesempatan. Belum sampai tiga hari, jumlah sampah botol plastik yang terkumpul di BCA Expo 2023 hingga Minggu siang mencapai lebih dari 3.500 botol atau setara dengan lebih dari 65 kilogram (kg).

Selain di BCA Expo 2023, sebelumnya BCA telah menggandeng Plasticpay di ajang Gebyar BCA Merah Putih, di kawasan car free day Jakarta, Minggu 27 Agustus 2023 lalu..

Sementara itu, CEO Plasticpay Suhendra Setiadi mengapresiasi langkah BCA yang menggandeng Plasticpay di BCA Expo 2023 dengan menghadirkan mesin RVM. 

“Kami berterima kasih kepada BCA yang telah bergerak bersama kami dalam menggaungkan pentingnya menjaga lingkungan sekaligus menyebarluaskan manfaat ekonomi sirkular ke masyarakat. Kami siap untuk mendukung BCA dalam melakukan sustainable practice, serta mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku terhadap sampah plastik,” tukas Suhendra.