Justin Trudeau.jpg
Dunia

Justin Trudeau Bakal Rombak Kabinet Besar-besaran

  • Trudeau, yang kali terakhir melakukan perombakan besar-besaran pada Oktober 2021, berusaha menyegarkan kembali tim Partai Liberal yang cenderung berhaluan kiri menjelang pemilihan yang harus dilaksanakan sebelum Oktober 2025.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Tiga hingga tujuh menteri pemerintah Kanada berencana mengundurkan diri pada pemilihan berikutnya. Hal ini memberikan kesempatan bagi Perdana Menteri Justin Trudeau untuk melakukan perombakan kabinet yang akan diumumkan pekan ini. 

Dengan begitu, akan ada ruang untuk perubahan susunan kabinet. Trudeau, yang kali terakhir melakukan perombakan besar-besaran pada Oktober 2021, berusaha menyegarkan kembali tim Partai Liberal yang cenderung berhaluan kiri menjelang pemilihan yang harus dilaksanakan sebelum Oktober 2025.

Adapun pemilihan bisa saja dilakukan lebih awal. “Perombakan ini cukup signifikan karena sebagian besar portofolio akan diisi oleh nama atau menteri baru,” ujar sumber pemerintah senior, dilansir melalui Reuters, Rabu 26 Juli 2023.

Tokoh-tokoh senior seperti Menteri Keuangan Chrystia Freeland dan Menteri Inovasi Francois-Philippe Champagne tampaknya akan mempertahankan jabatan mereka. Satu sumber dari kalangan Partai Liberal mengatakan Menteri Pertahanan Anita Anand sedang dipertimbangkan untuk mengambil alih Dewan Keuangan, yang memiliki kendali penuh atas pengeluaran pemerintah.

Sumber dari Partai Liberal menyatakan tujuh menteri akan meninggalkan kabinet. Canadian Broadcasting Corp. juga menyebutkan bahwa tujuh menteri akan pergi. Menteri Kehakiman David Lametti dan Menteri Keamanan Publik Marco Mendicino menjadi beberapa menteri yang akan pergi.

Menteri Transportasi Omar Alghabra mengatakan bahwa ia akan segera meninggalkan kabinet dan tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan berikutnya. Menteri Pengadaan Publik Helena Jaczek dan Menteri Perikanan Joyce Murray juga menyatakan bahwa mereka tidak akan mencalonkan diri lagi.

Kabinet Baru Segera Diumumkan

Menteri yang mengumumkan niat mereka untuk meninggalkan dunia politik biasanya segera dipecat dari kabinet. Menteri Kesehatan Mental Carolyn Bennett mengatakan pada hari Senin 24 Juli 2023 bahwa ia tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan berikutnya.

Sumber-sumber dari Partai Liberal menyatakan bahwa perombakan kabinet akan dilakukan pekan ini dan pengumumannya bisa dilakukan paling cepat Rabu. Trudeau meraih mayoritas parlemen pada tahun 2015. Namun setelah pemilihan pada tahun 2019 dan 2021, ia hanya memimpin pemerintahan minoritas. 

Dia bergantung pada dukungan dari Partai Demokrat Baru, yang berhaluan kiri, yang telah setuju untuk menjaga kekuasaannya hingga tahun 2025, meskipun kesepakatan tersebut tidak bersifat mengikat.